Gunung Berapi Stromboli Italia Meletus Lagi, Ratusan Rumah Warga Diselimuti Abu

Nathania Riris Michico ยท Kamis, 29 Agustus 2019 - 10:58 WIB
Gunung Berapi Stromboli Italia Meletus Lagi, Ratusan Rumah Warga Diselimuti Abu

Pulau Stromboli. (FOTO: Steven W Dengler by Wikipedia)

ROMA, iNews.id - Gunung berapi Stromboli di Italia, yang berada di lepas pantai Sisilia, meletus Rabu (29/8/2019). Para petugas pemadam kebakaran bergegas memadamkan kebakaran hutan yang dipicu aliran lahar panas.

"Layanan darurat bergegas meluncurkan perahu motor dan helikopter setelah ledakan kuat di lereng kawah bagian selatan dan tengah yang mengguncang pulau itu, tetapi tidak ada yang terluka," bunyi pernyataan petugas pemadam kebakaran, seperti dilaporkan AFP, Kamis (29/8/2019).

Setelah letusan, abu vulknik menutupi atap-atap ratusan rumah di kota kecil Stromboli. Menurut laporan surat kabar Repubblica, ledakan itu terasa hingga ke pulau Salina yang berdekatan.

BACA JUGA: Gunung Berapi Pulau Stromboli di Italia Meletus, 1 Orang Turis Tewas

Gunung berapi Stromboli merupakan bagian dari kepulauan Kepulauan Aeolian di Italia selatan. Gunung itu terlarang bagi wisatawan setelah letusan mematikan pada Juli yang menewaskan seorang pendaki dan memicu para turis melarikan diri.

Stromboli diselimuti gunung berapi aktif yang merupakan magnet bagi wisatawan dari awal musim semi setiap tahun.

Stromboli, yang memiliki luas 12 kilometer persegi dengan ketinggian 924 meter, hanyalah puncak gunung berapi yang sebagian besar berada di bawah air.

Sebelumnya, gunung berapi Stromboli meletus pada Rabu, 3 Juli 2019. Bencana itu menewaskan seorang pendaki dan menyebabkan wisatawan melarikan diri ke laut.


Editor : Nathania Riris Michico