100 Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia, Angela Merkel Kembali di Posisi 1

Raras Mita Pangesti ยท Jumat, 03 November 2017 - 13:55 WIB
100 Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia, Angela Merkel Kembali di Posisi 1

Kanselir Jerman Angela Merkel untuk ketujuh kalinya menduduki posisi pertama Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia versi Forbes (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Siapa bilang perempuan tidak bisa melakukan perubahan pada dunia? Daftar 100 Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia yang dirilis Forbes membuktikan bahwa perempuan juga bisa berkontribusi bagi dunia. Selain sebagai agen perubah, Forbes juga menyebut mereka sebagai generasi baru yang ikonik.

Penentuan gelar Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia 2017 dinilai dari sisi pengaruh mereka di bidang mata uang atau perekonomian, dampak dari kebijakan, serta pengaruh mereka di media. Dari 100 perempuan, ada 23 wajah baru yang berhasil masuk dalam daftar baik dalam kategori politik, teknologi, bisnis, dan media.

Dalam daftar tersebut, Konselir Jerman Angela Merkel berada di urutan teratas. Merkel merupakan pemegang kemudi Uni Eropa saat Inggris memutuskan keluar dari Uni Eropa atau dikenal dengan Brexit. Dia mampu meredam negara-negara di Eropa dalam menghadapi badai ini.

Selain itu, Merkel juga berhasil mengeluarkan Jerman dari krisis ekonomi dengan mengurangi jam kerja karyawan. Namun pemerintah tetap menaikkan upah mereka. Saat ini, ekonomi Jerman terus bertumbuh sejak kemerosotan pada 2015. GDP (Gross Domestic Product) negara ini terus meningkat.

Merkel sudah tujuh kali berturut-turut bertengger di posisi pertama dalam daftar Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia versi Forbes. Jika ditotal dia sudah 12 kali masuk dalam daftar.

Sementara itu Perdana Menteri Inggris Theresa May menduduki tempat kedua, posisi yang sebelumnya diisi oleh mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton. Hillary justru merosot ke peringkat 65 dari daftar Perempuan Paling Berpengaruh versi Forbes. May harus menanggung beban berat setelah David Cameron memutuskan untuk mengundurkan diri dari posisi perdana menteri.

Posisi ketiga ditempati oleh Melinda Gates pendiri sekaligus wakil pimpinan Yayasan Bill and Melinda Gates. Salah satu kontribusinya adalah mendirikan fasilitas kesehatan di Etiopia. Selanjutnya, posisi keempat dan kelima masing-masing ditempati oleh Chief Operating Officer (COO) Facebook Sheryl Sandberg dan Chief Executive Officer (CEO) General Motors Mary Barra.

Ivanka Trump yang merupakan anak Presiden Amerika Serikat Donald Trump berhasil masuk ke daftar Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia untuk pertama kalinya, yakni menduduki posisi ke-19. Ivanka berhasil mengalahkan Ibu Negara Melania Trump yang ironisnya tidak masuk dalam daftar.

Ivanka mengajukan beberapa rencana kebijakan pemerintah, seperti pembayaran cuti keluarga, pemberian promosi kepada perempuan yang terlibat dalam penelitian ilmu pengetahuan dan menjadi pengusaha. Dia juga aktif membahas isu perdagangan manusia.

Berikut daftar 10 besar Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia versi Forbes:

1. Angela Merkel (Kanselir Jerman)
2. Theresa May (Perdana Menteri Inggris)
3. Melinda Gates (istri Bill Gates sekaligus wakil pimpinan Yayasan Bill and Melinda Gates)
4. Sheryl Sandberg (COO Facebook)
5. Mary Barra (CEO General Motors)
6. Susan Wojcicky (CEO Youtube, Google)
7. Abigail Johnson (President and CEO Fidelty Investments)
8. Christine Lagarde (Managing Director IMF)
9. Ana Patricia Botin (Chair, Santander Group, Banco Santander)
10.Ginny Rometty (CEO IBM).


Editor : Anton Suhartono