11 Orang Tewas Berdesakan di Konser Musik Stadion Kongo, Penonton Lebihi Kapasitas

Anton Suhartono ยท Minggu, 30 Oktober 2022 - 20:21:00 WIB
11 Orang Tewas Berdesakan di Konser Musik Stadion Kongo, Penonton Lebihi Kapasitas
Konser musik di stadion Kinshasa, Kongo, merenggut 11 nyawa akibat penonton berdesakan (Foto: Reuters)

KINSHASA, iNews.id - Kerusuhan saat konser musik di stadion Ibu Kota Kinshasa, Republik Demokratik Kongo, Sabtu (29/10/2022), merenggut 11 nyawa. Dua polisi termasuk dalam korban tewas. 

Menteri Dalam Negeri Kongo Daniel Aselo Okito mengatakan stadion penuh sesak dengan penonton untuk menyaksikan konser dari penyanyi kenamaan, Fally Ipupa. Tak disebutkan jumlah pasti penonton yang hadir, namun kapasitas Stadion Martyrs bisa menampung 80.000 orang. Akibat sesaknya pengunjung, penonton sampai masuk ke bagian VIP dan ruang khusus.

"11 korban tewas, 10 di antaranya akibat mati lemas dan terimpit, serta 7 orang lainnya dirawat di rumah sakit," kata Okito, dikutip dari Reuters, Minggu (30/10/2022).

Sebelum tragedi itu sempat terjadi kerusahan di luar stadion. Pasukan keamanan menembakkan gas air mata untuk membubarkan massa yang melakukan kekerasan di jalan-jalan. sekitar lokasi. Tak diketahui penyebab kerusuhan, namun diduga mereka ingin masuk stadion meski tak memiliki tiket. Alhasil, stadion disesaki pengunjung melebihi daya tampung untuk konser.

Ini bukan kerusuhan pertama di konser Ipupa. Pada 2020, kepolisian Prancis terpaksa mengevakuasi pengunjung stasiun kereta Gare de Lyon, Paris, setelah beberapa orang membakar lokasi itu menjelang konser.

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda