17 Orang Diduga Terjangkit Covid Varian Omicron usai Hadiri Pesta Natal

Ahmad Islamy Jamil · Jumat, 03 Desember 2021 - 18:01:00 WIB
17 Orang Diduga Terjangkit Covid Varian Omicron usai Hadiri Pesta Natal
Ilustrasi pandemi Covid yang menyerang masyarakat global. (Foto: Ist.)

OSLO, iNews.id – Sedikitnya 17 orang terjangkit Covid varian omicron seusai menghadiri pesta Natal yang digelar di Oslo, Norwegia, baru-baru ini. Pejabat kota setempat menuturkan, pesta itu dihadiri lebih dari 100 tamu pada pekan lalu.

“Sejauh ini, 60 orang dinyatakan positif (Covid-19) dengan tes PCR, dan empat dengan tes antigen. Sebanyak 17 di antaranya mungkin adalah omicron, tetapi itu belum dikonfirmasi. Sejauh ini, satu kasus dikonfirmasi sebagai omicron setelah diurutkan,” ungkap Pemerintah Kota Oslo dalam sebuah pernyataan, Jumat (3/12/2021), seperti dikutip AFP.

Sekitar 100 hingga 120 orang yang hadir di pesta itu semuanya telah divaksinasi. Salah satu dari mereka baru-baru ini bepergian ke wilayah selatan Afrika. 

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa (ECDC) memprediksi varian omicron berpotensi mendominasi kasus Covid di benua tersebut dalam beberapa bulan ke depan. Akan tetapi, belum ada temuan kasus parah di Eropa sampai sejauh ini.

Perkiraan dari lembaga kesehatan masyarakat Uni Eropa itu mendukung informasi awal seputar varian omicron yang disebut sangat menular dibanding delta—varian virus corona yang sebelumnya dianggap paling menular daripada varian-varian sebelumnya.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: