2 Kapal Tanker yang Dilaporkan Diserang di Teluk Oman Angkut Bahan Kimia

Anton Suhartono ยท Kamis, 13 Juni 2019 - 16:56 WIB
2 Kapal Tanker yang Dilaporkan Diserang di Teluk Oman Angkut Bahan Kimia

Gambar dari stasiun televisi Iran menunjukkan salah satu kapal tanker yang mengalami kebakaran di Teluk Oman (Foto: AFP)

DUBAI, iNews.id - Dua kapal tanker terbakar di perairan Teluk Oman, Kamis (13/6/2019) pagi. Insiden yang belum diketahui pasti penyebabnya ini terjadi di waktu berbeda.

Armada Kelima Angkatan Laut (AL) Amerika Serikat (AS) sempat menerima panggilan darurat dari dua kapal tersebut mengenai adanya serangan.

Baca Juga: Angkatan Laut AS Sebut 2 Kapal Tanker Diserang di Teluk Oman, Iran: Kecelakaan

Dalam pernyataan, Armada Kelima AL AS yang berbasis di Bahrain menerima dua panggilan darurat yakni pukul 06.12 waktu setempat dan pukul 07.00.

Namun kantor berita Iran IRNA melaporkan, dua kapal tanker itu mengalami kecelakaan yakni kebakaran.

"Sebanyak 44 kru dari dua kapal tanker asing yang terlibat kecelakaan pada pagi ini di Laut Oman telah diselamatkan dari perairan oleh unit penyelamat (AL) Provinsi Hormozgan dan dipindahkan ke pelabuhan di Bandar e-Jask," demikian laporan IRNA, yang mengutip pernyataan sumber pejabat setempat.

IRNA mengungkap waktu kejadian yang berbeda dengan laporan AL AS, yakni peristiwa pertama pukul 08.50 waktu setempat di titik 25 mil laut dari Bandar e-Jask. Disusul 1 jam kemudian yakni pukul 09.50 kapal tanker kedua terbakar.

Disebutkan, kapal pertama yang terbakar adalah Marshall Island yang mengangkut ethanol dari Qatar menuju Taiwan.

"Saat kapal terbakar, 23 kru loncat ke laut dan mereka diselamatkan oleh kapal yang melintas lalu menyerahkan mereka ke unit penyelamat Iran," demikian laporan IRNA.

Sementara kapal tanker kedua yang terbakar berbendera Panama. Kapal yang mengangkut methanol itu dalam perjalanan menuju Singapura dari Arab Saudi. Sebanyak 21 kru yang sempat loncat ke laut berhasil diselamatkan.


Editor : Anton Suhartono