2 Pesawat Tabrakan di Bandara Indiana AS, 2 Orang Tewas

Anton Suhartono ยท Selasa, 03 April 2018 - 11:29 WIB
2 Pesawat Tabrakan di Bandara Indiana AS, 2 Orang Tewas

Dua pesawat bertabrakan di bandara Marion, Indiana, menewaskan 2 orang (Foto: Fox News)

MARION, iNews.id – Dua pesawat bertabrakan di landasan pacu Bandara Marion, Indiana, Amerika Serikat, Senin 2 April 2018 sore waktu setempat. Dua orang yakni pilot dan co pilot di salah satu pesawat tewas.

Badan Nasional Keselamatan Transportasi AS (NTSB), seperti dilaporkan Fox News, melaporkan, tabrakan tersebut melibatkan pesawat kecil Cessna 150 dengan Cessna 525 Citation bermesin jet. Korban tewas berada di Cessna 150 yang saat itu hendak lepas landas.

Pesawat bermesin tunggal itu menabrak bagian belakang atau ekor pesawat jet pribadi Cessna 525 yang baru saja mendarat sekitar pukul 17.10 waktu setempat.

Dua korban tewas diketahui bernama David Wittkamper (31) dan Kyle Hibst. Keduanya merupakan petugas pemadam kebakaran yang sedang mengikuti latihan terbang.


Sementara itu lima orang yang berada di pesawat Cessna 525 tidak mengalami luka, meski sayap ekor pesawat hancur.

Penyebab kecelakaan diduga akibat kesalahan komunikasi antarpilot sehingga mereka lepas landas dan mendarat di waktu bersamaan.

“Bandara di Marion tak punya menara air traffic control. Para pilot menggunakan landasan diharapkan dengan berkomunikasi melalui radio dan berkoordinasi antara satu sama lain saat di darat maupun di jalur lalu lintasnya,” demikian pernyataan Badan Penerbangan Federal (FAA).

NTSB masih menyelidiki kasus ini.

Editor : Anton Suhartono