20 Tahanan Palestina di Penjara Israel Mogok Makan, Ini Tuntutannya 

Umaya Khusniah · Jumat, 09 Juli 2021 - 11:07:00 WIB
20 Tahanan Palestina di Penjara Israel Mogok Makan, Ini Tuntutannya 
Anggota pasukan keamanan Israel menahan seorang warga Palestina selama bentrokan di kompleks yang menampung Masjid Al-Aqsa. (Foto: Reuters)

RAMALLAH, iNews.id - Sebanyak 20 tahanan Palestina di dua penjara Israel mogok makan mulai Kamis (8/7/2021). Mereka menuntut pembebasan tahanan Palestina, al-Ghadanfar Abu Atwan (28) sudah 65 hari terakhir mogok makan.

Perhimpunan Tahanan Palestina (PPS) mengatakan, 20 tahanan Palestina tersebut berada di penjara Ofer, Ramallah barat, Tepi Barat tengah dan di penjara Negev, Israel selatan. Mereka menuntut otoritas Israel membebaskan Abu Atwan yang menderita kesehatan serius karena mogok makan.

PPS memperingatkan. Abu Atwan berisiko mengalami komplikasi kesehatan yang serius atau kematian.

Abu Atwan dari Kota Dura, Tepi Barat selatan, melakukan mogok makan sebagai protes terhadap penahanan administratifnya pada Oktober 2020 yang mana tanpa dakwaan atau persidangan.

Angka resmi Palestina menunjukkan Israel telah menahan 5.300 warga Palestina, termasuk 40 wanita dan 250 anak-anak. Sebanyak 520 wagra ditahan tanpa tuduhan atau pengadilan di bawah kebijakan penahanan administratif Israel.

Penahanan administratif memungkinkan pihak berwenang Israel untuk memperpanjang penahanan seorang tahanan tanpa tuduhan setelah berakhirnya hukuman yang berkisar antara dua hingga enam bulan.

Editor : Umaya Khusniah