3 Negara Ini Ternyata Gelar Latihan Pertahanan Rudal Balistik di Hawaii

Umaya Khusniah · Selasa, 16 Agustus 2022 - 13:55:00 WIB
3 Negara Ini Ternyata Gelar Latihan Pertahanan Rudal Balistik di Hawaii
Rudal balistik. (Foto: Ist)

WASHINGTON, iNews.id - Amerika Serikat, Korea Selatan dan Jepang berpartisipasi dalam latihan pertahanan rudal balistik di lepas pantai Hawaii pekan lalu. Ini merupakan kali pertama ketiga negara mengadakan latihan semacam itu sejak 2017. 

Menurut keterangan Pentagon pada Selasa (16/8/2022), sistem peringatan rudal dan latihan pencarian juga pelacakan rudal balistik itu berlangsung dari 8-14 Agustus. 

"Ini menunjukkan komitmen ketiga negara untuk menanggapi tantangan yang ditimbulkan oleh Korea Utara, melindungi keamanan bersama, dan mendukung internasional berbasis aturan," tulis Pentagon dalam sebuah pernyataan.

Pentagon menambahkan, para peserta berbagi informasi tautan data taktis sesuai dengan perjanjian mereka untuk bertukar informasi trilateral. 

Presiden Korea Selatan, Yoon Suk-yeol telah berjanji untuk meningkatkan hubungan dengan Jepang. Seorang konservatif yang mulai menjabat pada Mei lalu itu juga berjanji  memperdalam aliansi dengan AS untuk mengimbangi Korea Utara dengan lebih baik. 

Kementerian Pertahanan Korea Selatan juga mengonfirmasi pada Selasa bahwa pasukannya akan melanjutkan pelatihan lapangan langsung dengan AS. Latihan tersebut rencananya akan diadakan dari 22 Agustus hingga 1 September.

Kedua belah pihak telah mengurangi latihan militer gabungan dalam beberapa tahun terakhir karena Covid-19. Mereka berupaya menurunkan ketegangan dengan Korea Utara yang menuduh latihan itu sebagai latihan untuk invasi.

Editor : Umaya Khusniah

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda