3 Nelayan Indonesia Diculik oleh Kelompok Bersenjata di Perairan Malaysia

Anton Suhartono ยท Selasa, 24 September 2019 - 10:42 WIB
3 Nelayan Indonesia Diculik oleh Kelompok Bersenjata di Perairan Malaysia

3 nelayan Indonesia diculik di perairan Sabah, Malaysia (Foto: AFP)

KUALA LUMPUR, iNews.id - Tiga nelayan Indonesia diculik oleh kelompok bersenjata di perairan Lahat Datu, dekat perbatasan Filipina. Mereka bekerja untuk kapal pencari ikan milik perusahaan Malaysia.

Dilaporkan The Star, Selasa (24/9/2019), tujuh pria menggunakan penutup wajah menyatroni dua kapal pencari ikan Malaysia pada Senin (23/9/2019) siang. Mereka juga datang menggunakan dua perahu.

Para pelaku sempat melepaskan tembakan ke arah kru dan memaksa ketiga warga Indonesia yang berada di satu kapal untuk menaiki perahu mereka. Namun para pelaku tak membawa kru dari kapal yang satunya.

Setelah itu, dua perahu penculik kabur menuju kepulauan Tawi Tawi di Filipina selatan melewati perairan Sabah.

Menteri Kepala Sabah Shafie Apdal sudah diberi tahu mengenai insiden ini dan dia menyebut lokasi penculikan berada di Tambisan, wilayah di mana penculikan serupa pernah terjadi sebelumnya.

"Kita harus meningkatkan pengamanan di daerah itu," katanya.

Ini merupakan penculikan kedua di perairan Sabah dalam 3 bulan terakhir. Pada 18 Juni para pelaku menculik sembilan nomaden gipsi yang kesemuanya warga Filipina. Para korban ditemukan di Talipao, Pulau Jolo, pada 22 Juni, bebas tanpa tebusan.

Editor : Anton Suhartono