4 Ekor Singa Positif Covid Varian Delta

Anton Suhartono · Senin, 21 Juni 2021 - 13:26:00 WIB
4 Ekor Singa Positif Covid Varian Delta
Empat ekor singa di kebun binatang India terpapar Covid varian Delta (Foto: Reuters)

NEW DELHI, iNews.id - Empat ekor singa di Taman Zoologi Arignar Anna, India, atau biasa dikenal dengan Kebun Binatang Vandalur dinyatakan positif terinfeksi virus corona varian Delta.

Pejabat Kebun Binatang Vandalur mengatakan telah mengirim sampel dari 11 singa ke Institut Nasional Penyakit Hewan Berkeamanan Tinggi (NIHSAD) di Bhopal.

Hasilnya, sembilan ekor singa dinyatakan positif, empat di antaranya terpapar varian Delta.

Menurut NIHSAD, berdasarkan pemeriksaan urutan genom, empat sampel memiliki garis keturunan trenggiling yakni B16172 alias Delta sesuai dengan nomenklatur Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang baru.

Hewan-hewan tersebut berada dalam perawatan intensif.

Pada 11 Mei, WHO mengklasifikasikan B16172 sebagai varian yang perlu dikhawatirkan atau VOC. Alasannya berdasarkan bukti yang ada, varian ini memiliki tingkat penularan lebih tinggi serta mampu menurunkan efektivitas vaksin.

Pemerintah Negara Bagian Tamil Nadu membentuk satuan tugas guna mendukung dan membimbing pihak berwenang untuk melakukan tindakan pencegahan dan mitigasi infeksi Covid-19 pada hewan liar dan penangkaran di suaka margasatwa, taman nasional, hutan lindung, dan lainnya.

Editor : Anton Suhartono