Ada Peluru Bersarang di Kaki Perempuan Ini Selama 72 Tahun

Raras Mita Pangesti ยท Kamis, 09 November 2017 - 16:39 WIB
Ada Peluru Bersarang di Kaki Perempuan Ini Selama 72 Tahun

Peluru yang bersarang di kaki kiri Hu Jinhua berhasil diangkat (Foto: Guangming Daily)

HUNAN, iNews.id - Seorang perempuan berusia 90 tahun di Hunan, China, terbebas dari derita selama puluhan tahun. Sebutir peluru bersarang di kaki kirinya sejak 1945.

Surat kabar Guangming Daily melaporkan, perempuan bernama Hu Jinhua itu terkena tembakan saat melarikan diri bersama suaminya dalam perang Sino-Jepang atau fase kedua dari perang sipil China. Hu dan warga lainnya diserang oleh kapal Jepang di bagian selatan Guangxi.

Meski saat itu dia sedang hamil empat bulan dan kakinya penuh darah, namun nyawanya masih bisa terselamatkan. Dia berjalan ke rumah saudaranya ke Kota Kunming.

Pada hari berikutnya, dia ditangani oleh seorang tentara gerilya. Tapi karena tentara itu tidak bisa mengeluarkan peluru,  lubang di kakinya hanya dibalut perban sebagai penanganan sementara.

Peluru sepanjang 1 sentimeter di kaki Hu baru dikeluarkan di sebuah rumah sakit di Provinsi Hunan belum lama ini. Dia memutuskan mengangkat peluru itu karena rasa sakitnya semakin menjadi sejak Oktober lalu. Selain itu, bekas luka juga semakin membengkak.

Menurut laporan BBC, akibat tembakan itu kaki kiri Hu menjadi cacat. Faktor usia turut berpengaruh menggerogoti kesehatannya sehingga dia bisa berbaring di tempat tidur. Dokter awalnya menyarankan mengamputasi kaki Hu, namun khawatir dia tidak akan selamat karena sudah terlalu tua.

Dokter akhirnya hanya mengangkat peluru. Selain itu dokter menggunakan cetakan plastik sebagai pengganti tulang yang rusak. Kini Hu masih dalam pemulihan.


Editor : Anton Suhartono