Agen Mata-Mata James Bond Ternyata Memang Ada, Polandia Ungkap Sepak Terjangnya

Ahmad Islamy Jamil · Jumat, 25 September 2020 - 17:10:00 WIB
Agen Mata-Mata James Bond Ternyata Memang Ada, Polandia Ungkap Sepak Terjangnya
Ilustrasi mata-mata. (Foto: Pixabay)

WARSAWA, iNews.id – Selama ini, kisah James Bond, mata-mata Inggris yang terkenal dengan nomor kode 007 itu, tak lebih dari kisah fiksi yang dinikmati lewat novel atau layar lebar. Akan tetapi, siapa sangka agen intelijen dengan nama itu benar-benar ada di dunia nyata.

AFP melansir, arsip yang diterbitkan dari Institut Kenang-kenangan Nasional Polandia mengungkapkan, seorang agen Inggris bernama James Bond ternyata pernah ditugaskan memata-matai blok komunis. Lelaki itu ditempatkan di Polandia, dua tahun setelah film James Bond pertama dirilis.

Bond tiba di Warsawa (ibu kota Polandia) pada 18 Februari 1964. Cover story alias posisi resminya dalam penyamaran adalah sebagai arsiparis di Kedutaan Inggris, menurut sejumlah dokumen dari layanan kontraintelijen komunis Polandia.

Bond yang digambarkan dalam dokumen itu memiliki sedikit kemiripan dengan Bond versi fiksi—yang terkenal karena kesukaannya pada minuman keras vodka martini dan perempuan. Para agen Polandia mencatat, Bond yang berada di dunia nyata itu memliki ketertarikan pada wanita tetapi sangat berhati-hati dan tidak melakukan kontak dengan warga Polandia.

Institut Kenang-kenangan Nasional Polandia mengungkapkan, pria itu adalah seorang agen yang ditugaskan pada operasi tingkat rendah dengan “nama profil tinggi”. Pasalnya, para agen komunis di masa itu bahkan sudah akrab dengan tokoh fiktif James Bond.

Pada Oktober dan November 1964, Bond di dunia nyata berusaha menyelinap ke instalasi militer di Bialystok dan Olsztyn di timur laut Polandia, dekat perbatasan Uni Soviet. Namun, tampaknya misi yang dia emban tersebut tidak berhasil. Bond meninggalkan Polandia pada 21 Januari 1965.

Penulis kisah James Bond, Ian Fleming (yang juga mantan agen) selalu mengatakan, dia menemukan nama karakter fiktif itu dari sebuah buku tentang burung-burung Karibia yang ditulis oleh ahli burung asal AS, James Bond.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda