Ahli Penyakit Negara Ini Yakin Belum Perlu Ada Vaksinasi Massal Cacar Monyet

Umaya Khusniah ยท Rabu, 25 Mei 2022 - 20:20:00 WIB
Ahli Penyakit Negara Ini Yakin Belum Perlu Ada Vaksinasi Massal Cacar Monyet
Penampakan tangan pasien yang terkena cacar monyet. (Foto: WHO)

JOHANNESBURG, iNews.id - Para ahli penyakit Afrika Selatan yakin bahwa saat ini belum memerlukan adanya vaksinasi massal terhadap cacar monyet. Mereka juga tidak melihat kasus cacar monyet akan meledak seperti halnya Covid-19.

Pernyataan ini disampaikan pada Rabu (25/5/2022). Dilansir dari Reuters, Afrika Selatan belum mencatat kasus yang dikonfirmasi atau dicurigai sebagai cacar monyet.

Tetapi otoritas kesehatan setempat waspada setelah lebih dari 200 kasus virus yang dicurigai dan dikonfirmasi cacar monyet telah terdeteksi di setidaknya 19 negara sejak awal Mei.

"Saat ini kami tidak memerlukan vaksinasi massal untuk cacar monyet. Ada banyak hal yang harus kami selidiki dari sudut pandang epidemiologis," kata Adrian Puren, direktur eksekutif Institut Nasional untuk Penyakit Menular (NICD) Afrika Selatan.

Jacqueline Weyer, dari NICD's Center for Emerging, Zoonotic and Parasitic Diseases, mengatakan, sejauh ini tidak ada yang aneh.  

"Tidak ada yang belum pernah kita lihat sebelumnya dalam wabah cacar monyet di luar Afrika, kecuali bahwa itu sekarang terjadi di tempat yang berbeda," katanya.

Dia menambahkan cacar monyet tidak menular seperti virus yang menyebabkan COVID-19.

Editor : Umaya Khusniah

Bagikan Artikel: