Alain 'Spiderman' Robert Ditangkap Usai Panjat Gedung di Filipina

Anton Suhartono ยท Selasa, 29 Januari 2019 - 16:33 WIB
Alain 'Spiderman' Robert Ditangkap Usai Panjat Gedung di Filipina

Alain Robert saat memanjat GT Tower di Manila (Foto: AFP)

MANILA, iNews.id - Pemanjat gedung pencakar langit yang dijuluki Spiderman Prancis, Alain Robert, ditangkap kepolisian Filipina, Selasa (29/1/2019). Dia ditangkap setelah memanjat gedung tertinggi di Manila berlantai 47, GT Tower.

Seperti aksinya saat memanjat gedung dan struktur di negara lain, Robert mendaki GT Tower tanpa alat pengaman. Aksi pria 56 tahun itu sontak saja menjadi perhatian karyawan gedung dan pengguna jalan.

"Ini sudah menjadi jalan saya, ini jalan hidup saya. Bagi saya, (memanjat gedung) sama pentingnya dengan makan dan tidur. Saya membutuhkan itu. Ini membuat saya bisa tetap hidup," kata Robert, usai menyelesaikan pendakian selama 2 jam, dikutip dari AFP, Selasa (29/1/2019).

Begitu sampai di bawah, polisi langsung menangkapnya. Dia ditahan atas tuduhan mengganggu ketertiban umum dan harus membayar jaminan sampai sidang.

Robert telah memanjat lebih dari 100 gedung dan struktur pencakar langit di dunia tanpa tali atau alat pengaman lain. Guinnes World Record mencatatnya sebagai pria pemanjat gedung terbanyak di dunia tanpa pengaman.

Di antara gedung dan struktur yang dipanjatnya adalah Menara Eiffel di Paris, Gedung Opera Sydney, Menara Kembar Petronas di Kuala Lumpur, dan gedung tertinggi di dunia Burj Khalifa di Dubai.

Pada Juni 2018, dia gagal memanjat gedung pencakar langit Menara Lotte di Seoul. Robert terpaksa menyelesaikan aksinya setelah mendaki setengah perjalanan dari total 123 lantai gedung karena dipaksa turun oleh polisi.


Editor : Anton Suhartono