Arab Saudi dan Thailand Sepakat Pulihkan Hubungan Diplomatik yang Memburuk sejak 1989

Ahmad Islamy Jamil ยท Rabu, 26 Januari 2022 - 06:36:00 WIB
Arab Saudi dan Thailand Sepakat Pulihkan Hubungan Diplomatik yang Memburuk sejak 1989
Pangeran Muhammad bin Salman (tengah) menerima kunjungan Perdana Menteri Thailand, Prayut Chan o cha, di Riyadh, Selasa (25/1/2022). (Foto: Twitter/Kemlu Arab Saudi)

RIYADH, iNews.id Arab Saudi dan Thailand sepakat untuk sepenuhnya memulihkan hubungan diplomatik antara kedua negara dan memutuskan untuk bertukar duta besar dalam waktu dekat. Hal itu terungkap lewat sebuah pernyataan bersama yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri Arab Saudi, Selasa (25/1/2022).

“Kedua belah pihak menyepakati langkah-langkah penting yang akan meningkatkan hubungan bilateral, termasuk penunjukan duta besar di kedua ibu kota dalam waktu dekat, dan membangun mekanisme konsultatif untuk memperkuat kerja sama bilateral,” demikian bunyi pernyataan itu, seperti dilansir dari laman Alarabiyah, Rabu (26/1/2022) pagi WIB.

Menurut Kemlu Arab Saudi, komunikasi dengan Thailand akan diintensifkan dalam beberapa bulan mendatang untuk membahas koordinasi bilateral di berbagai area strategis utama. 

Adapun sejumlah isu yang dibahas Riyadh dan Bangkok dalam kesepakatan itu antara lain mencakup cara untuk memperkuat dan meningkatkan hubungan ekonomi dan perdagangan antara kedua negara. Peningkatan hubungan itu diterapkan lewat eksplorasi investasi dan peluang yang tersedia berdasarkan Visi Kerajaan Arab Saudi 2030, serta prioritas pembangunan Thailand yang mencakup kebijakan ekonomi hijau yang dinamis  dan berkelanjutan. 

“Di samping menemukan bidang kerja sama baru, seperti di bidang lingkungan dan energi terbarukan, transformasi digital, dan keamanan siber,” tambah pernyataan itu.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: