AS Belum Berani Labeli Rusia Negara Sponsor Terorisme, Khawatir Bakal Berdampak Begini

Ahmad Islamy Jamil ยท Sabtu, 20 Agustus 2022 - 05:00:00 WIB
AS Belum Berani Labeli Rusia Negara Sponsor Terorisme, Khawatir Bakal Berdampak Begini
Ilustrasi hubungan Rusia dan Amerika Serikat. (Foto: Reuters)

WASHINGTON DC, iNews.idAmerika Serikat belum berani melabeli Rusia sebagai negara sponsor terorisme. Sebab, Washington DC khawatir pelabelan semacam itu ditanggapi Moskow dengan mengingkari kesepakatan ekspor gandum dari Laut Hitam yang sudah terbentuk.

“Saya pikir kami (AS) selalu sadar bahwa Rusia akan bereaksi dalam beberapa cara ketika orang menolak agresinya. Jadi, pada tataran pengertian itu, ya (kami khawatir),” kata Kepala Kantor Koordinasi Sanksi Departemen Luar Negeri AS, James O'Brien, Jumat (19/8/2022).

Bulan lalu, Ketua DPR AS Nancy Pelosi dikatakan telah mendesak Menteri Luar Negeri Antony Blinken untuk memasukkan Rusia dalam daftar negara sponsor terorisme. Hal itu terungkap dalam percakapan telepon Pelosi dengan Blinken pada bulan yang sama.

Politico dengan mengutip dua orang sumber melaporkan, dalam percakapan telepon tersebut, Pelosi bahkan sempat mengancam Blinken. Perempuan itu mengatakan, jika Departemen Luar Negeri AS tidak mau memasukkan Rusia dalam daftar tersebut, DPR AS yang akan melakukannya.

Saat ini, Moskow dan Kiev telah sepakat untuk membuka kembali berbagai pelabuhan Ukraina di Laut Hitam. Dengan begitu, Kiev dapat mengekspor lagi jutaan ton gandum dan biji-bijian lainnya yang telah tertahan di gudang-gudang penyimpanan Ukraina selama agresi militer Rusia.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda