AS Hentikan Pencarian 7 Marinir yang Tenggelam bersama Kendaraan Amfibi di Laut

Arif Budiwinarto ยท Minggu, 02 Agustus 2020 - 20:30 WIB
 AS Hentikan Pencarian 7 Marinir yang Tenggelam bersama Kendaraan Amfibi di Laut

Latihan kendaraan amfibi marinir Amerika Serikat (foto: CNN)

WASHINGTON, iNews.id - Militer Amerika Serikat menghentikan pencarian tujuh perwira Angkatan Laut (AL) yang hilang di laut dalam kecelakaan kendaraan amfibi (AAV). Otoritas militer memperkirakan para perwira tersebut sudah tewas.

Kecelakaan terjadi dalam latihan rutin yang dilakukan Unit Ekspedisi Marinir ke-15 di Pulau San Clemente, Samudera Pasifik, sekitar 105 kilometer dari San Diego. Kendaraan tenggelam pada Kamis pukul 17.45 waktu setempat saat berada sekitar 1 kilometer dari garis pantai pulau.

Delapan tentara lainnya yang hilang, terdiri dari tujuh anggota marinir dan seorang personel Angkatan Laut AS. Mereka tak juga ditemukan dalam pencarian hingga Jumat (31/7/2020) setelah hampir 24 jam kecelakaan.

Dengan asumsi fisik manusia di tengah kedalaman laut tak bisa bertahan sampai lebih dari dua hari, maka pencarian terpaksa dihentikan.

"Dengan berat hati saya memutuskan untuk mengakhiri upaya pencarian dan penyelamatan," kata Kolonel Christopher Bronzi, Komandan Ekspedisi Laut Unit ke-15 dikutip dari AFP, Minggu (2/8/2020).

Pertimbangan lainnya, kendaraan AAV yang mengangkut para perwira marinir nahas tersebut tenggelam di kedalaman puluhan meter dianggap terlalu dalam untuk dijangkau tim penyelam.

Editor : Arif Budiwinarto