AS Kirim Rudal Antitank Javelin ke Ukraina, Persiapan Hadapi Serangan Rusia

Anton Suhartono ยท Rabu, 26 Januari 2022 - 03:54:00 WIB
AS Kirim Rudal Antitank Javelin ke Ukraina, Persiapan Hadapi Serangan Rusia
AS mengirim peralatan tempur ke Ukraina, termasuk rudal Javelin dan peluncur (Foto: Reuters)

KIEV, iNews.id - Amerika Serikat (AS) mengirim persenjataan berat ke Ukraina, termasuk 300 rudal antitank Javelin dan peluncur, di tengah meningkatnya ketegangan dengan Rusia. Pesawat AS yang mengangkut peralatan tersebut mendarat di pangkalan udara Kiev, Selasa (25/1/2022).

Ini merupakan pengiriman ketiga paket peralatan keamanan senilai 200 juta dolar AS untuk membantu Ukraina menghadapi kemungkinan serangan militer dari Rusia.

"(Rudal) Javelin di Kiev! Kargo baru bantuan keamanan, peluncur & rudal, dengan berat total sekitar 80 ton. Kami mengharapkan kedatangan yang keempat ... segera. Terima kasih kepada mitra strategis kami," kata Menteri Pertahanan Ukraina, Oleksii Reznikov, merujuk kepada AS, dalam cuitannya yang dikutip dari Reuters, Rabu (26/1/2022).

AS diketahui sebagai penyokong utama Ukraina dalam mencegah kemungkinan serangan Rusia. Intelijen AS melaporkan ada kemungkinan Rusia melakukan invasi besar-besaran ke Ukraina pada awal 2022.

Negeri Paman Sam memberikan bantuan keamanan senilai lebih dari 650 juta dolar ke Ukraina pada 2021 atau total lebih dari 2,7 miliar dolar sejak 2014. Seperti diketahui, Rusia mencaplok Semenanjung Krimea dari Ukraina pada 2014.

Sementara itu Rusia berkali-kali membantah laporan akan menyerang Ukraina. Pengiriman puluhan ribu pasukan dan alat tempur ke dekat perbatasan Ukraina dimaksudkan sebagai pertahanan dan menjaga kedaulatan wilayah.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel: