AS Labeli Gerakan Boikot Israel untuk Bela Palestina sebagai Kanker dan Anti-Semit

Ahmad Islamy Jamil ยท Kamis, 19 November 2020 - 19:05:00 WIB
AS Labeli Gerakan Boikot Israel untuk Bela Palestina sebagai Kanker dan Anti-Semit
Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo. (Foto: AFP)

YERUSALEM, iNews.id – AS akan melabeli setiap kampanye boikot, divestasi, dan sanksi (BDS) terhadap Israel sebagai gerakan sebagai anti-Semit. BDS adalah gerakan global yang berupaya mengisolasi Israel atas perlakuan kejamnya terhadap Palestina.

Tak hanya dicap sebagai anti-Semit, BDS bahkan juga disebut Menteri Luar Negeri (Menlu) AS, Mike Pompeo, sebagai “kanker”.

“Kami (Amerika Serikat) akan menganggap kampanye BDS anti-Israel global sebagai anti-Semit. Kami ingin berdiri dengan semua negara lain yang mengakui gerakan BDS sebagai kanker,” kata Pompeo saat tampil bersama dengan Perdana Menteri Israel, Benjamin Nentayhu, di Yerusalem, Kamis (19/11/2020).

Pompeo mengatakan, sebagai menlu AS, dia juga melakukan kunjungan pertama ke Dataran Tinggi Golan—wilayah yang dirampok Israel dari Suriah—pada Kamis ini.

Tahun lalu, pemerintahan AS di bawah Presiden Donald Trump membuat keputusan kontroversial yang mengakui kedaulatan Israel atas Golan. Wilayah tersebut direbut negara Yahudi itu dari Suriah dalam Perang Enam Hari pada 1967.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2