AS Panggil Dubes China, Protes Latihan Perang Dekat Taiwan

Umaya Khusniah ยท Jumat, 05 Agustus 2022 - 20:29:00 WIB
AS Panggil Dubes China, Protes Latihan Perang Dekat Taiwan
AS memanggil duta besar China untuk Gedung Putih. (Foto: ist)

WASHINGTON, iNews.id - Amerika Serikat (AS) memanggil duta besar China untuk Gedung Putih. Pemanggilan terkait tindakan China yang disebutnya tidak bertanggung jawab dan tidak menjaga perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan

Hal itu disampaikan  juru bicara keamanan nasional John Kirby, Jumat (5/8/2022). AS memanggil Dubes Qin Gang pada Kamis (4/8/2022) untuk mengajukan protes.

China meluncurkan latihan militer terbesarnya di laut dan langit di sekitar Taiwan pada Kamis. Latihan besar-besaran itu digelar sehari setelah Ketua DPR AS Pelosi membuat marah Beijing dengan menjadi pengunjung AS tingkat tertinggi ke pulau itu dalam 25 tahun. 

Latihan 'live-fire' itu dijadwalkan akan berlanjut hingga Minggu (7/8/2022) siang.

Amerika Serikat mengutuk tindakan China, yang disebutnya tidak bertanggung jawab dan bertentangan dengan menjaga perdamaian di Selat Taiwan.

“Pada saat yang sama, kami tidak akan terhalang untuk beroperasi di laut dan langit Pasifik Barat, sesuai dengan hukum internasional, seperti yang telah kami lakukan selama beberapa dekade – mendukung Taiwan dan mempertahankan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” katanya. 

Editor : Umaya Khusniah

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda