AS Peringatkan Parade Bendera Israel di Kota Tua Yerusalem Bisa Picu Konflik

Umaya Khusniah ยท Kamis, 10 Juni 2021 - 07:59:00 WIB
AS Peringatkan Parade Bendera Israel di Kota Tua Yerusalem Bisa Picu Konflik
Bendera Israel. (Foto: Ist)

WASHINGTON, iNews.id - Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) memperingatkan kemungkinan adanya provokasi menjelang pawai bendera yang rencananya akan digelar pekan depan di Yerusalem. 

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Ned Price mengatakan, semua pihak harus melakukan segala upaya untuk mencegah eskalasi dan provokasi yang bisa saja akan memicu kekerasan. 

"Kami percaya sangat penting untuk menahan diri dari langkah-langkah yang dapat memperburuk keadaan," katanya seperti dilansir dari Anadolu.

Sebelumnya, pada hari Selasa (8/6/2021), pemerintah Israel mengumumkan parade pengibaran bendera yang direncanakan oleh kelompok sayap kanan di Yerusalem Timur yang diduduki, akan diadakan pada 15 Juni. Kelompok sayap kanan Israel menyerukan pawai untuk melewati Gerbang Damaskus Kota Tua.

Sejumlah pejabat keamanan dan militer, termasuk Menteri Pertahanan, Benny Gantz memperingatkan agar tidak mengizinkan pawai karena khawatir mengobarkan peperangan dengan Palestina.

Pawai awalnya direncanakan digelar pada 10 Mei untuk menandai hari penyatuan Yerusalem yang mengacu pada pendudukan Israel atas kota itu pada tahun 1967. Namun acara tersebut dibatalkan di tengah ketegangan yang meningkat pasca-11 hari pertempuran antara Israel dan faksi-faksi perlawanan Palestina di Gaza. 

Editor : Umaya Khusniah