AS Tuduh Iran Dalang di Balik Serangan 2 Kapal Tanker di Teluk Oman

Nathania Riris Michico ยท Jumat, 14 Juni 2019 - 08:22 WIB
AS Tuduh Iran Dalang di Balik Serangan 2 Kapal Tanker di Teluk Oman

Fire and smoke billows from a tanker that attacked in the waters of the Gulf of Oman. (FOTO: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo menuduh Iran berada di belakang serangan terhadap dua kapal tanker di Teluk Oman. Dia mengatakan akan membawa kasus ini ke Dewan Keamanan PBB.

"Ini adalah penilaian Amerika Serikat bahwa Republik Islam Iran bertanggung jawab atas serangan itu," kata Pompeo, seperti dilaporkan AFP, Jumat (14/6/2019).

BACA JUGA: Angkatan Laut AS Sebut 2 Kapal Tanker Diserang di Teluk Oman, Iran: Kecelakaan

"Ini didasarkan pada intelijen, senjata yang digunakan, tingkat keahlian yang diperlukan untuk melaksanakan operasi, serangan Iran baru-baru ini yang sama pada pengiriman, dan fakta bahwa tidak ada kelompok proksi yang beroperasi di daerah tersebut memiliki sumber daya dan kemampuan untuk bertindak dengan sedemikian tinggi tingkat kecanggihan," sambungnya.

BACA JUGA: 2 Kapal Tanker yang Dilaporkan Diserang di Teluk Oman Angkut Bahan Kimia

Pompeo mengatakan, Iran 'berjanji' pada 22 April untuk mengganggu pengiriman minyak dari Selat Hormuz. Pompeo mengatakan, serangan ini menghadirkan ancaman keamanan dunia.

"Secara keseluruhan, serangan tak beralasan ini menghadirkan ancaman nyata bagi keamanan internasional, serangan terang-terangan terhadap kebebasan navigasi, dan kampanye yang tidak dapat diterima untuk meningkatkan ketegangan oleh Iran," ujarnya.

BACA JUGA: Iran Curiga Kapal Tanker Jepang Diserang saat PM Shinzo Abe Kunjungi Teheran

Pompeo menyebut, pihaknya telah memerintahkan utusan AS untuk PBB, Jonathan Cohen, untuk meningkatkan dugaan serangan dalam pertemuan Dewan Keamanan PBB pada Kamis (13/6) sore. Dia mengatakan kebijakan AS bertujuan untuk membawa Iran kembali ke perundingan tentang program nuklirnya dan kegiatan regionalnya.

"Amerika Serikat akan mempertahankan kekuatan, kepentingannya, dan mendukung para mitra dan sekutu kami untuk menjaga perdagangan global dan stabilitas regional. Dan kami menyerukan kepada semua negara yang terancam oleh Iran untuk bergabung dengan kami dalam upaya itu," tegasnya.


Editor : Nathania Riris Michico