Badai Pasir, Beijing Diselimuti Debu Gurun Mongolia

Anton Suhartono · Senin, 15 Maret 2021 - 08:59:00 WIB
Badai Pasir, Beijing Diselimuti Debu Gurun Mongolia
Badai pasir menerjang Beijing (Foto: Reuters)

BEIJING, iNews.id - Kota Beijing, China, diselimuti debu coklat tebal, Senin (15/3/2021) pagi, yang dibawa angin kencang dari Mongolia.

Badan Meteorologi China mengumumkan status kuning dengan menyatakan, badai pasir telah menyebar dari Mongolia ke Provinsi Gansu, Shanxi, dan Hebei, di sekitar Beijing, seperti dikutip dari Reuters.

Indeks kualitas udara Beijing mencapai level maksimum 500 pada Senin pagi dengan partikel mengambang yang dikenal sebagai PM10 mencapai 2.000 mikrogram per meter kubik, tercatat di beberapa distrik.

Sementara hasil penghitungan PM2,5, partikel lebih kecil yang bisa menyusup ke paru-paru, juga jauh di atas ambang batas kesehatan yakni mendekati 300 mikrogram per meter kubik. Padahal standar di China hanya 35 mg per meter kubik.

Beijing biasa menghadapi badai pasir pada Maret dan April karena posisinya dekat dengan gurun Gobi serta gundulnya hutan di utara China.

Beijing dan wilayah sekitarnya juga menderita akibat polusi udara relatif tinggi dalam beberapa pekan terakhir. Kota itu juga diselimuti kabut asap saat sidang pembukaan parlemen pada 5 Maret lalu.

Editor : Anton Suhartono