Batal Beli Heli Militer Mi-17 Rusia, Filipina Kini Lirik Chinook AS

Ahmad Islamy Jamil ยท Senin, 15 Agustus 2022 - 12:39:00 WIB
Batal Beli Heli Militer Mi-17 Rusia, Filipina Kini Lirik Chinook AS
Helikopter angkut berat Chinook buatan AS (ilustrasi). (Foto: Reuters)

MANILA, iNews.id Filipina sedang menjajaki rencana pembelian helikopter angkut berat Chinook dari Amerika Serikat. Penjajakan itu dilakukan Manila setelah membatalkan kesepakatan senilai 12,7 miliar peso (hampir Rp3,35 triliun) dengan Rusia, demi menghindari sanksi Barat.

Pada Juni lalu, beberapa hari sebelum Presiden Rodrigo Duterte mengakhiri masa jabatannya, Filipina membatalkan kesepakatan untuk membeli 16 helikopter angkut militer Rusia, Mi-17. Hal itu dilakukan Manila karena khawatir akan sanksi AS terkait dengan agresi militer Moskow ke Ukraina.

“Pembatalan kontrak ini terutama dipicu oleh perang di Ukraina. Meskipun ada sanksi yang diperkirakan datang dari Amerika Serikat dan negara-negara Barat, jelas bukan kepentingan kami untuk melanjutkan dan mengejar kontrak (dengan Rusia) ini,” ujar Duta Besar Filipina untuk AS, Jose Manuel Romualdez, kepada wartawan dalam forum virtual, Senin (15/8/2022) WIB.

Dia mengatakan, heli Chinook akan menggantikan perangkat keras Filipina saat ini—yang digunakan untuk pergerakan pasukan dan dalam kesiapsiagaan bencana di negara Asia Tenggara itu. Amerika Serikat pun dikatakan bersedia mencapai kesepakatan tentang jumlah yang tadinya ditetapkan Filipina untuk dibelanjakan pada heli Rusia.

Menurut Romualdez, kesepakatan dengan Washington DC nanti kemungkinan juga mencakup pemeliharaan, layanan, dan suku cadang heli.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda