Bentuk Protes atas Invasi Moskow, Perwakilan 5 Negara Walk Out Pertemuan APEC saat Rusia Mulai Sambutan 

Umaya Khusniah · Minggu, 22 Mei 2022 - 14:42:00 WIB
Bentuk Protes atas Invasi Moskow, Perwakilan 5 Negara Walk Out Pertemuan APEC saat Rusia Mulai Sambutan 
APEC 2022Thailand.(Foto: Reuters)

KUALA LUMPUR, iNews.id - Perwakilan dari lima negara, termasuk AS dan Jepang, keluar  (walk out) dari pertemuan Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) Sabtu (21/5/2022) pagi saat Rusia mulai sambutan. Langkah itu sebagai bentuk protes atas perang Rusia melawan Ukraina. 

Dilansir dari Kyodo News, para menteri perdagangan kawasan Asia-Pasifik dan perwakilan dari negara-negara peserta bertemu di ibu kota Thailand, Bangkok, untuk konferensi dua hari tersebut.

AS, Jepang, Kanada, Australia, dan Selandia Baru keluar dari pertemuan setelah Menteri Pembangunan Ekonomi Rusia Maxim Reshetnikov sambutan pada sesi pagi.

Itu merupakan pertemuan para menteri perdagangan APEC pertama yang diadakan secara langsung dalam tiga tahun karena pembatasan pandemi virus corona telah mereda.

Para menteri membahas promosi perdagangan dan investasi di era pasca-COVID-19.

“Kami berharap hasil pertemuan para menteri perdagangan APEC tahun ini berperan penting dalam membantu menentukan arah kebijakan pemulihan dan stimulasi pertumbuhan ekonomi regional di berbagai bidang pasca-COVID-19,” kata Menteri Ekonomi Thailand, Jurin Laksanawisit.

Pemerintah Thailand menjadi tuan rumah pertemuan itu sebagai ketua APEC pada 2022.

Editor : Umaya Khusniah

Bagikan Artikel: