Bom Bunuh Diri Meledak saat Ujian Masuk di Lembaga Pendidikan, 19 Orang Tewas

Umaya Khusniah ยท Jumat, 30 September 2022 - 12:51:00 WIB
Bom Bunuh Diri Meledak saat Ujian Masuk di Lembaga Pendidikan, 19 Orang Tewas
Ledakan terjadi di sebuah lembaga pendidikan di ibu kota Afghanistan, Kabul. (Foto: menafn)

KABUL, iNews.id - Serangan bom bunuh diri di sebuah lembaga pendidikan di Kabul, Afghanistan menewaskan 19 orang. Sementara itu, puluhan orang lainnya luka-luka. 

Juru bicara kepolisian Kabul, Khalid Zadran mengatakan, ada 27 orang juga terluka dalam serangan itu. Korban berjatuhan lantaran serangan dilakukan saat ujian masuk tengah berlangsung. Di Afghanistan, sekolah biasanya diliburkan pada hari Jumat. 

"Menyerang sasaran sipil membuktikan kekejaman musuh yang tidak manusiawi dan kurangnya standar moral," kata Zadran tanpa merinci siapa yang mereka yakini berada di balik serangan itu.

Sampai saat ini, belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

Banyak dari mereka yang tinggal di wilayah barat tempat ledakan terjadi adalah Hazar. Mereka merupakan etnis minoritas yang pada masa lalu menjadi sasaran serangan yang diluncurkan oleh kelompok militan Negara Islam.

Seorang saksi yang berbicara kepada Reuters dengan syarat anonim mengatakan, seorang pelaku bom bunuh diri telah meledakkan bahan peledak di sebuah pusat pendidikan tersebut.

Sejak mengambil alih Afghanistan pada Agustus 2021, Taliban menekankan bahwa mereka mengamankan negara itu setelah beberapa dekade perang. Tetapi beberapa bulan terakhir, telah terjadi serangkaian ledakan di masjid dan daerah sipil.

Editor : Umaya Khusniah

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda