Cegah Penyebaran Virus Korona, Rusia Tutup Perbatasan dengan China

Anton Suhartono ยท Kamis, 30 Januari 2020 - 17:51:00 WIB
Cegah Penyebaran Virus Korona, Rusia Tutup Perbatasan dengan China
Rusia menutup perbatasan dengan China terkait wabah virus korona (Foto: AFP)

MOSKOW, iNews.id - Otoritas Rusia mengumumkan telah menutup perbatasan dengan China, Kamis (30/1/2020), demi mencegah penyebaran virus korona baru.

Selain itu Rusia juga menghentikan sementara pemberian visa elektronik kepada warga China.

Perdana Menteri Rusia Mikhail Mishustin mengatakan dalam pertemuan pejabat pemerintah bahwa perintah untuk menutup perbatasan sudah disetujui.

"Mengambil tindakan untuk menutup perbatasan (dengan China) di Timur Jauh. Kami harus melakukan segala hal untuk melindungi masyarakat," kata Mishustin, dikutip dari AFP.

Dalam kesempatan terpisah, Kementerian Luar Negeri Rusia menyatakan pihaknya menghentikan pemberian visa elektronik mulai Kamis. Visa elektronik biasa digunakan bagi warga China untuk menyeberang di beberapa titik perbatasan Timur Jauh dan sebelah barat.

Selain itu, kementerian juga memperingatkan warganya untuk tidak berpergian ke China. Sementara warga Rusia yang kini berada di China diminta untuk terus berkomunikasi dengan kedutaan besar di Beijing maupun konsulat.

Sejauh ini belum ada laporan kasus virus korona di Rusia. Meski demikian pemerintah sudah membentuk gugus tugas untuk mencegah penyebaran virus yang sudah merenggut 170 nyawa itu di China.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel: