Covid Varian Omicron Sudah Masuk ke Arab Saudi

Ahmad Islamy Jamil ยท Rabu, 01 Desember 2021 - 16:39:00 WIB
Covid Varian Omicron Sudah Masuk ke Arab Saudi
Bandara di Arab Saudi mulai beroperasi penuh sejak 17 Oktober 2021 menyusul pelonggaran aturan pembatasan Covid di negara itu. (Foto: Reuters)

RIYADH, iNews.idCovid-19 varian omicron kini sudah masuk Arab Saudi. Kerajaan padang pasir itu mengonfirmasi kasus pertama varian baru tersebut pada Rabu (1/12/2021).

Kantor berita SPA melaporkan, varian omicron yang terdeteksi di Saudi diketahui berasal dari sebuah negara di Afrika Utara. Saat ini, pihak berwenang setempat telah mengarantina atau mengisolasi pasien yang terinfeksi varian baru itu, beserta orang-orang yang melakukan kontak dengannya.

Reuters melansir, temuan ini sekaligus menjadi kasus varian omicron pertama yang dilaporkan di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara (MENA). Kementerian Kesehatan Arab Saudi menyatakan, pasien yang terinfeksi virus itu adalah warga negara Saudi, namun tidak menjelaskan secara perinci negara mana yang menjadi asal perjalanan orang itu sebelumnya.

Kementerian itu hanya menyebut pasien yang bersangkutan baru pulang dari salah satu negara di Afrika Utara.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Senin (29/11/2021) lalu memperingatkan bahwa virus corona varian micron memiliki kemampuan mutasi yang tinggi. Badan PBB itu pun memprediksi, varian omicron bakal menyebar secara internasional, sehingga menimbulkan risiko lonjakan infeksi yang sangat tinggi yang dapat berdampak parah di beberapa kawasan.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: