Dahsyatnya Letusan Gunung di Karibia, Kirim Gas Sulfur Dioksida sampai India

Anton Suhartono ยท Selasa, 04 Mei 2021 - 21:43:00 WIB
Dahsyatnya Letusan Gunung di Karibia, Kirim Gas Sulfur Dioksida sampai India
Letusan Gunung La Soufriere di St Vincent, Karibia, mengirimkan gas S02 sampai India (Foto: Reuters)

MUMBAI, iNews.id - Gas sulfur dioksida (SO2) akibat letusan Gunung La Soufriere di kepulauan Karibia, Amerika Utara, bulan lalu, menjangkau hingga India bagian utara. 

Data satelit menunjukkan lonjakan SO2 di seluruh bagian utara India dipicu letusan gunung yang berada di Pulau St Vincent tersebut.

Gas tak berwarna dilontarkan dari beberapa ledakan besar Gunung La Soufriere sejak 9 April. Ketika bercampur dengan air, SO2 membentuk asam sulfat yang memicu hujan asam.

Situs web Earth Observatory milik NASA mengungkap, hasil pengukuran satelit menunjukkan, sepekan setelah letusan, Gunung La Soufriere mengirim sekitar 0,4 sampai 0,6 teragram SO2 ke bagian atas atmosfer.

Dari 45 gunung berapi yang meletus saat ini, La Soufriere merupakan salah satu yang paling mengkhawatirkan ahli vulkanologi.

"Pemikiran saat ini adalah gunung berapi perlu menyuntikkan setidaknya 5 teragram sulfur dioksida ke stratosfer untuk bisa memberikan dampak terukur terhadap iklim," kata Simon Carn, ahli vulkanologi dari Michigan Technological University, seperti dilaporkan kembali Bloomberg.

Editor : Anton Suhartono