Demam Squid Game, Peminat Bahasa Korea Melonjak di Seluruh Dunia
SEOUL, iNews.id - Film Squid Game sedang populer di seluruh dunia. Dampaknya minat orang asing mempelajari bahasa Negeri Gingseng semakin tinggi. Bukan hanya itu, demam Squid Game juga menambah ketertarikan orang terhadap budaya hingga produk kecantikan Korea.
Aplikasi pembelajaran bahasa Duolingo menyatakan, di Inggris Squid Game berkontribusi dalam 76 persen lonjakan pengguna baru yang mendaftar untuk belajar bahasa Korea, sementara di Amerika Serikat 40 persen, 2 pekan setelah pemutaran perdana di Netflix.
"Bahasa dan budaya secara intrinsik terhubung dan apa yang terjadi dalam budaya pop dan media sering memengaruhi tren dalam pembelajaran bahasa dan bahasa itu sendiri. Seiring popularitas musik, film, dan televisi Korea ke kancah global, meningkatkan permintaan untuk belajar bahasa Korea," kata Juru Bicara Duolingo, Sam Dalsimer, dikutip dari Reuters, Senin (11/10/2021).
Perusahaan yang berbasis di Pittsburgh, Pennsylvania, itu memiliki lebih dari 7,9 juta pengguna aktif yang belajar bahasa Korea, menjadikannya sebagai bahasa kedua dengan pertumbuhan tercepat setelah India.
Pekan lalu, Oxford English Dictionary (OED) menambahkan 26 kata baru bahasa Korea dalam kamus edisi terbaru, di antaranya 'hallyu' atau gelombang. Istilah ini sering digunakan untuk menggambarkan kesuksesan musik, film, acara televisi, mode, dan makanan Korea Selatan di kancah global.
Presiden Moon Jae In bahkan angkat bicara mengomentari fenomena ini. Dia menyambut baik penambahan tersebut dan menyebut 'Hangeul' untuk 'soft power' negaranya.
Yayasan Korea untuk Pertukaran Budaya Internasional menyebutkan, ada sekitar 77 juta penutur bahasa Korea di seluruh dunia. Sementara itu Institut Raja Sejong yang dikelola Kementerian Kebudayaan Korea Selatan memiliki sekitar 76.000 siswa di 82 negara pada tahun lalu, ekspansi pesat dari hanya 740 siswa di tiga negara pada 2007.
Negara dengan ekonomi terbesar keempat di Asia itu memantapkan diri diri sebagai pusat hiburan global dengan budaya k-pop, termasuk boy band BTS serta film-film pemenang Oscar seperti 'Parasite'.
Editor: Anton Suhartono