Demo Menentang Kebijakan Zero-Covid di China Menyebar ke Banyak Negara

Umaya Khusniah ยท Selasa, 29 November 2022 - 07:21:00 WIB
Demo Menentang Kebijakan Zero-Covid di China Menyebar ke Banyak Negara
Demo menentang kebijakan Zero-Covid-19 pemerintah China nyatanya juga terjadi di luar negeri. (Foto: Reuters)

HONG KONG, iNews.id - Demo menentang kebijakan Zero-Covid-19 pemerintah China nyatanya juga terjadi di luar negeri. Para mahasiswa dan ekspatriat di luar negeri berkumpul di wilayah masing-masing menyuarakan pendapatnya.

Dilansir dari Reuters, setidaknya demo warga China di luar negeri terjadi di London, Paris, Tokyo hingga Sydney pada akhir pekan lalu. Puluhan hingga ratusan orang melakukan aksi protes skala kecil di kota-kota tersebut. 

Aksi semacam ini terbilang jarang dilakukan orang China yang tinggal di dalam dan luar negeri.

Protes di daratan dipicu oleh kebakaran di wilayah Xinjiang China pekan lalu yang menewaskan 10 orang karena terjebak di apartemen. Para pengunjuk rasa mengatakan tindakan penguncian sebagai pemicu musibah itu. Namun hal itu dibantah oleh pejabat China. 

Pada Senin malam, puluhan pengunjuk rasa berkumpul di kawasan pusat bisnis Hong Kong, tempat demonstrasi anti-pemerintah yang terkadang diwarnai kekerasan pada tahun 2019.

"Saya pikir ini normal, orang mengungkapkan pendapatnya. Saya pikir mereka seharusnya tidak menekan hak semacam ini," kata Lam, seorang warga Hong Kong berusia 50 tahun.

Menurut rekaman video online, belasan mahasiswa juga berkumpul di kampus Chinese University of Hong Kong untuk mengenang mereka yang meninggal di Xinjiang.

Editor : Umaya Khusniah

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda