Diam-Diam Diplomat AS dan Rusia Bertemu di Turki, Ini yang Dibahas

Anton Suhartono ยท Jumat, 09 Desember 2022 - 19:51:00 WIB
Diam-Diam Diplomat AS dan Rusia Bertemu di Turki, Ini yang Dibahas
Diplomat dari AS dan Rusia bertemu di Turki (Foto: Reuters)

ISTANBUL, iNews.id - Para diplomat Amerika Serikat (AS) dan Rusia diam-diam bertemu di Istanbul, Turki, Jumat (9/12/2022), di tengah meningkatnya ketegangan hubungan kedua negara. Pertemuan para diplomat tersebut dikonfirmasi Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Rusia Sergei Ryabkov.

Dia mengatakan delegasi yang mewakili kedua negara adalah tingkat kepala departemen di Kementerian Luar Negeri Rusia maupun Deplu AS. 

Ryabkov, dikutip dari kantor berita TASS, mengatakan pertemuan membahas sejumlah masalah teknis terkait hubungan bilateral.

Para delegasi akan mencari solusi terkait masalah yang mengganjal, seperti visa, jumlah staf kedubes di masing-masing negara, serta tugas lembaga masing-masing pihak di luar negeri.

Ryabkov menegaskan pertemuan teknis tersebut tidak bisa dilihat sebagai tanda bahwa kedua pihak siap melanjutkan pertemuan untuk membahas masalah lebih besar.

Jumlah staf Kedubes Rusia di Washington DC maupun Kedubes AS di Moskow dikurangi secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir melalui serangkaian pengusiran. AS meminta puluhan diplomat Rusia untuk pulang, demikian sebaliknya.

Kedua negara pada November lalu menggelar pertemuan tingkat pejabat tinggi, melibatkan bos intelijen. Itu merupakan pertemuan tatap muka tingkat tinggi pertama kedua negara sejak Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari.

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda