Dijaga Superketat, Penjara Ini Digambarkan Lebih Buruk dari Kematian

Koran SINDO, Andika Hendra M ยท Kamis, 28 Desember 2017 - 13:00 WIB
Dijaga Superketat, Penjara Ini Digambarkan Lebih Buruk dari Kematian

Penjara ADX di Florence, Colorado, Amerika Serikat, dinyatakan sebagai penjara dengan tingkat keamanan paling ketat di dunia. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id – Rencana Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) mengoperasikan dua lembaga pemasyarakatan berkeamanan superketat (super maximum security) akan menyamai sejumlah penjara lain di dunia. Penjara berkategori ini diperuntukkan untuk narapidana kejahatan kelas berat.

Penjara paling ketat di dunia adalah Administrative-Maximum Facility atau dikenal dengan ADX di Florence, Colorado, Amerika Serikat (AS). Di penjara ini banyak narapidana kasus terorisme ditahan seperti Ramzi Yousef, yang merencanakan pengeboman 1993 di World Trade Center. Selain itu, penyusun konspirasi serangan 11 September Zacarias Moussaoui, Ted “Unabomber”  Kaczynski dan Richard Reid, pengebom sepatu.

ADX merupakan penjara yang paling aman di AS. Mereka yang masuk ke penjara tersebut akan terputus koneksinya dari dunia nyata. Penjara tersebut dianggap sebagai “Alcatraz of the Rockies”. Pengawalan pen jara tersebut dilaksanakan pe tugas keamanan bersenjata berat.

Penjara ADX di Florence, Colorado, AS. (Foto: Dailymail/AP)

“Ketika kamu masuk ke ADX kamu akan melihat ke indahan pegunungan Rocky saat dalam perjalanan ke penjara tersebut. Ketika kamu sudah masuk ke ADX, kamu tidak akan pernah melihat pegunungan Rocky lagi,” ujar mantan sipir ADX, Robert Hood,  dikutip dari CNN, Kamis (28/12/2017).

Dia menyebut penjara supermax merupakan kehidupan setelah kematian. ”Itu jauh lebih buruk dibandingkan kematian,” ujarnya. Sedikitnya enam tahanan pernah mencoba bunuh diri sejak ADX dibuka pada 1994. Umumnya para tahanan mencoba bunuh diri dengan mencoba menggantung diri dengan selimut.

Penjara lain yang memiliki keamanan maksimal adalah Vernon C Bain Center, dikelola Departemen Pemasyarakatan New York City. Penjara itu berbentuk kapal dan mengapung di Hunts Points di dekat Sungai Bronx. Penjara itu dibangun pada 1992 dan menam pung sekitar 800 tahanan.


Penjara dengan keamanan maksimum itu dikenal sebagai penjara paling mahal yang dibangun karena menghabiskan anggaran USD35 juta (Rp500 miliar). Penjara kapal itu memiliki lima lantai seluas dua lapangan sepak bola dan dilengkapi perpustakaan, ruangmedis, dan ruang rekreasi.

Selain dikawal petugas sipir, penjara tersebut juga mendapatkan bantuan pengamanan dari pasukan penjaga pantai yang berpatroli di sekitar lokasi penjara tersebut. Vernon C Bain Center menjadi kapal penjara terbesar di dunia.

Editor : Zen Teguh