Disebut Akan Pasok Ratusan Drone Tempur ke Rusia, Begini Tanggapan Pedas Iran

Anton Suhartono · Rabu, 13 Juli 2022 - 17:38:00 WIB
Disebut Akan Pasok Ratusan Drone Tempur ke Rusia, Begini Tanggapan Pedas Iran
Hossein Amir Abdollahian membantah Iran mengirim ratusan drone tempur ke Rusia (Foto: WANA via Reuters)

MOSKOW, iNews.id - Iran mengomentari pernyataan Penasihat Keamanan Amerika Serikat (AS) Jake Sullivan bahwa negaranya akan mengirim ratusan drone tempur ke Rusia. Menteri Luar Negeri (Menlu) Iran Hossein Amir Abdollahian menegaskan pemerintahannya tidak akan membantu kedua pihak yang berkonflik.

“Kami menjalin berbagai macam kerja sama dengan Rusia, termasuk di bidang pertahanan. Tapi kami tidak akan membantu salah satu pihak dalam konflik ini karena kami percaya itu (perang) harus dihentikan,” kata Abdollahian, kepada surat kabar Italia, la Repubblica, Rabu (13/7/2022).

Menurut dia, Iran justru ingin membantu menghentikan konflik Rusia dan Ukraina, bukan membuatnya semakin panas. Abdollahian justru balik menuduh AS yang memanfaatkan konflik Rusia-Ukraina dengan menjual senjatanya.

"Masalah saat ini dengan konflik adalah beberapa negara Barat, termasuk Amerika Serikat, memiliki produsen senjata yang mencoba menjual produk mereka,” katanya.

Pada Senin lalu, Sullivan mengatakan Iran sedang bersiap untuk mengirim drone ke Rusia hingga ratusan unit.

Presiden Rusia Vladimir Putin akan berkunjung ke Iran pada Selasa pekan depan untuk bertemu mitranya Ebrahim Raisi serta dari Turki, Recep Tayyip Erdogan.

Namun Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov menegaskan Putin tak akan membahas soal kemungkinan pengiriman drone dalam kunjungannya.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda