Dituduh Jadi Mata-Mata China, 4 Mantan Pejabat Intelijen Militer Taiwan Diadili

Djairan · Sabtu, 20 Februari 2021 - 21:25:00 WIB
Dituduh Jadi Mata-Mata China, 4 Mantan Pejabat Intelijen Militer Taiwan Diadili
Ilustrasi agen mata-mata. (Foto: Pixabay)

TAIPEI, iNews.id – Empat mantan pejabat Biro Intelijen Militer Taiwan (MIB), termasuk seorang berpangkat mayor jenderal, didakwa pada Sabtu (20/2/2021) ini. Mereka dituduh memberikan informasi rahasia negara ke China alias menjadi mata-mata bagi Beijing.

Dalam konferensi pers pada Sabtu, Kantor Kejaksaan Distrik Taipei mengatakan mantan kolonel MIB Chang Chao Jan, Chou Tien Tzu, Wang Da Wang, dan Mayor Jenderal Yueh Chih Chung didakwa karena melanggar Undang-Undang Badan Intelijen Nasional Taiwan.

Taiwan News melaporkan, Sabtu (20/2/2021), jaksa menyebut Chang dan Chou telah memperkenalkan dua rekan mereka lainnya ke Partai Komunis China (PKC), sebagai sumber potensial yang membocorkan informasi rahasia Taiwan. Menurut jaksa, Chang dan Chou awalnya mengundang seorang pensiunan agen MIB lainnya bermarga Fu ke China pada 2013. 

Di sana, mereka bertemu pejabat keamanan nasional China. Setelah itu, barulah mereka merekrut Yueh dan Wang, yang mengunjungi China beberapa kali antara 2016-2018.

Ketika Chang memenuhi panggilan kejaksaan pada Oktober 2020, dia mengaku dirinya adalah salah satu pekerja intelijen Taiwan pertama yang dikirim ke China. Dia juga mengaku sebagai satu-satunya agen rahasia yang hadir di Beijing selama peristiwa Pembantaian Tiananmen pada 1989.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2