Dokter yang Bertemu Vladimir Putin Pekan Lalu Positif Corona

Ahmad Islamy Jamil ยท Selasa, 31 Maret 2020 - 22:16 WIB
Dokter yang Bertemu Vladimir Putin Pekan Lalu Positif Corona

Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) berjabat tangan dengan dr Denis Protsenko (kiri) saat bertemu di Moskow, Selasa (24/3/2020) lalu. (Foto: AFP)

MOSKOW, iNews.id – Kepala rumah sakit rujukan utama untuk penanganan virus corona (Covid-19) di Kota Moskow, dr Denis Protsenko, dinyatakan positif terinfeksi virus asal China itu. Sepekan lalu, sang dokter sempat bertemu dengan Presiden Vladimir Putin, meski Kremlin mengklaim kesehatan pemimpin Rusia itu baik-baik saja.

Selasa (24/3/2020) lalu, dr Protsenko bertemu dengan Putin saat keduanya memeriksa Rumah Sakit Kommunarka Moskow sambil mengenakan jas hazmat kuning cerah. Akan tetapi Putin yang kini berusia 67 tahun, pada kesempatan yang sama juga sempat terlihat bercakap-cakap dan bahkan berjabat tangan dengan Protsenko tanpa mengenakan alat pelindung diri (APD).

Juru Bicara Kremlin, Dmitry Peskov, dengan sigap menyampaikan kepada kantor berita Rusia bahwa Putin selalu melakukan tes rutin dan tidak ada alasan untuk khawatir akan kesehatannya. “Semuanya baik-baik saja,” klaim Peskov dikutip AFP, Selasa (31/3/2020).

Dokter Protsenko mengatakan, meski hasil tes Covid-19 terhadapnya menunjukkan hasil positif, dia merasa cukup baik sejauh ini. Sambil mengunggah foto dirinya yang sedang mengenakan masker di Facebook, sang dokter mengatakan, dia mengisolasi diri di kantornya dan akan terus bekerja.

Protsenko telah menjadi tokoh penting di garda depan dalam perjuangan Rusia melawan wabah Covid-19. Dia selalu mengunggah setiap hari di Facebook informasi-informasi tentang pekerjaan rumah sakit dan pasiennya.

Selama 24 jam terakhir, Pemerintah Rusia telah melaporkan 500 kasus baru positif infeksi corona—yang menjadi peningkatan harian terbesar sejauh ini—sehingga total penghitungannya menjadi 2.337 kasus dengan 17 orang meninggal dunia.

Editor : Ahmad Islamy Jamil