Donald Trump Bahagia atas Kemunculan Kembali Kim Jong Un

Ahmad Islamy Jamil ยท Minggu, 03 Mei 2020 - 09:06 WIB
Donald Trump Bahagia atas Kemunculan Kembali Kim Jong Un

Presiden AS Donald Trump (kiri) dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un saat pertemuan keduanya yang fenomenal beberapa waktu lalu. (Foto:AFP)

WASHINGTON DC, iNews.id - Presiden AS Donald Trump pada Sabtu (2/5/2020) mengaku senang atas kemunculan kembali Kim Jong Un. Dia pun bahagia saat mengetahui pemimpin Korea Utara itu tampaknya sehat-sehat saja. 

"Aku, untuk seseorang, senang melihat dia kembali, dan baik-baik saja!" cuit Trump lewat akun Twitter-nya, merujuk penampilan publik pertama Kim Jong Un yang hampir tiga pekan belakangan dispekuklasikan sakit parah atau bahkan meninggal dunia. 

Dikutip AFP, televisi pemerintah Korea Utara kemarin memperlihatkan Kim berjalan, tersenyum lebar, dan mengisap sebatang rokok pada acara persemian pabrik pupuk di Sunchon, kawasan yang terletak di utara Pyongyang, Jumat (1/5/2020). 

Rumor tentang kesehatan Kim jadi bahan pemberitaan yang simpang siur sejak ketidakhadirannya yang mencolok pada perayaan ulang tahun kakeknya yang juga pendiri Korea Utara, Kim Il Sung, 15 April lalu. Padahal, peringatan hari lahir Kim Il Sung adalah hari paling penting dalam kalender politik negara komunis itu. 

Ketidakmunculan Kim Jong Un sejak itu memicu serangkaian rumor panas dan laporan yang belum dikonfirmasi mengenai kondisinya. Menghilangnya Kim dari hadapan publik terjadi di tengah negosiasi Pyongyang dengan Washington mengenai persenjataan nuklir Korea Utara yang terhenti. 

Sebelumnya, Trump juga tidak percaya dengan rumor kematian Kim. Politikus Partai Republik itu malah menuduh media yang kini menjadi musuh bebuyutannya, CNN, sengaja mengarang cerita.

Editor : Ahmad Islamy Jamil