Dua Gereja Dibakar Massa saat Unjuk Rasa di Santiago Cile

Ahmad Islamy Jamil ยท Senin, 19 Oktober 2020 - 08:10 WIB
Dua Gereja Dibakar Massa saat Unjuk Rasa di Santiago Cile

Gereja Asuncion di Santiago Cile dibakar massa demonstran, Minggu (18/10/2020). (Foto-foto: AFP)

SANTIAGO, iNews.id – Dua gereja dibakar massa saat puluhan ribu orang berunjuk rasa di alun-alun Kota Santiago, Cile, Minggu (18/10/2020) waktu setempat. Demonstrasi itu digelar untuk menandai peringatan gerakan protes yang pecah tahun lalu, menuntut kesetaraan warga yang lebih besar di negara Amerika Latin itu.

AFP melansir, demonstrasi itu terjadi hanya sepekan sebelum rakyat Cile dijadwalkan memberikan suara dalam referendum terkait perlunya menggantikan konstitusi yang dibuat pada era kediktatoran. Referendum itu juga menjadi salah satu tuntutan utama dalam gerakan protes yang dimulai pada 18 Oktober tahun lalu.

Pada Minggu pagi, suasana begitu ramai saat para pengunjuk rasa berkumpul di Plaza Italia, Santiago. Di sore harinya, beberapa insiden kekerasan, penjarahan, dan vandalisme terjadi di sekitar area itu.

Satu gereja yang berada dekat dengan Plaza Italia dibakar saat sejumlah demonstran bertudung kepala bersorak. Gereja kecil bernama The Church of Asuncion itu hancur total. Gereja tersebut dikenal sebagai “paroki seniman”, menurut pers setempat.

Sementara, gereja kedua yakni San Francisco de Borja Church, dijarah dan juga mengalami kerusakan akibat kebakaran. Namun, petugas pemadam kebakaran berhasil mengendalikan kobaran api di rumah ibadah itu.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua