Eks Pejabat yang Berpotensi Gantikan Presiden China Dibui Seumur Hidup

Anton Suhartono ยท Selasa, 08 Mei 2018 - 14:42:00 WIB
Eks Pejabat yang Berpotensi Gantikan Presiden China Dibui Seumur Hidup
Sun Zhengcai (Foto: AFP)

BEIJING, iNews.id - Mantan pejabat Partai Komunis China yang disebut-sebut sebagai sosok potensial pengganti Presiden Xi Jinping, Sun Zhengcai, dijatuhi hukuman penjara seumur hidup terkait kasus korupsi.

Sebagaimana disebutkan dalam pernyataan pengadilan Tianjin, yang dikutip oleh AFP, Selasa (8/5/2018), mantan anggota Biro Politik Partai Komunis itu dinyatakan bersalah menerima suap lebih dari 170 juta yuan atau sekitar Rp375 miliar.

Disebutkan dalam pernyataan, hukuman bagi Sun sudah diringankan karena terdakwa bersedia bekerja sama selama proses penyelidikan. Selain hukuman penjara, harta Sun yang didapat dari hasil korupsi juga disita negara.

Tidak hanya itu, hak-hak politik pria berusia 54 tahun itu dicabut. Hal ini sekaligus mengakhiri kariernya di Partai Komunis, apalagi menjadi orang nomor 1 di China.

Sementara itu, Sun mengakui kesalahan dan menyesali perbuatannya. Dia menerima putusan hakim dan tidak akan mengajukan banding.

Sun dituduh mengambil keuntungan dengan memanfaatkan jabatannya. Dia menerima suap dari organisasi, perusahaan, dan individu, untuk memuluskan urusan mereka.

Karier paling cemerlangnya, Sun pernah akan dipromosikan menjadi salah satu dari tujuh panitia tetap Biro Politik yang diketuai Xi Jinping. Sebagai anggota Biro Politik termuda, Sun disebut-sebut sebagai calon kuat yang kelak bisa menggantikan Xi memimpin China.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda