Facebook Berani Blokir Akun Donald Trump, tapi Tidak terhadap Duterte dan Bolsonaro?

Djairan ยท Selasa, 12 Januari 2021 - 15:14:00 WIB
Facebook Berani Blokir Akun Donald Trump, tapi Tidak terhadap Duterte dan Bolsonaro?
Ilustrasi media sosial Facebook. (Foto: Reuters)

MENLO PARK, iNews.idFacebook telah memblokir akun milik Presiden AS, Donald Trump. Kepala Operasi Facebook, Sheryl Sandberg mengatakan, perusahaannya tidak memiliki rencana untuk mencabut pemblokiran akun politikus Partai Republik itu.

Sebelumnya, Facebook memutuskan menangguhkan akun Trump hingga akhir masa jabatan presidennya, 20 Januari 2021. Sandberg pun mengaku senang telah membekukan akun Trump. Menurut dia, langkah itu membuktikan Facebook telah menindak tegas berbagai bentuk dukungan terhadap kekerasan, termasuk oleh Trump, dalam aksi penyerbuan Gedung DPR AS (Capitol) Rabu pekan lalu.

“Ini menunjukkan presiden tidak serta-merta berada di atas kebijakan yang kami miliki,” ujar Sandberg, dikutip Reuters, Selasa (12/1/2021).

Perempuan itu mengatakan, jika Trump ingin mengajukan banding atas penghapusan konten serta pembekuan akunnya, itu bisa terjadi melalui dewan pengawas baru perusahaan, meskipun hal itu sebenarnya tetap menjadi perkara yang sulit. Sebelumnya, Twitter telah lebih dulu memblokir akun Trump secara permanen, terhitung mulai Jumat (8/1/2021) waktu AS.

Konten terkait kekerasan di Facebook terbukti meningkat dalam beberapa minggu sebelum aksi unjuk rasa di DPR AS pekan lalu. Facebook mengaku kecolongan terkait itu, hingga memicu kritik yang menilai Facebook  gagal mengambil tindakan tegas.

Sandberg mengatakan, Facebook saat ini sedang mengawasi kemungkinan protes bersenjata lebih lanjut yang direncanakan di Washington DC dan di 50 ibu kota negara bagian AS lainnya. Tepatnya menjelang pelantikan Presiden AS terpilih Joe Biden pada 20 Januari mendatang, yang juga telah diperingatkan oleh FBI.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2