Fantastis, Lukisan Vincent Van Gogh Terjual Setengah Triliun Rupiah dalam Lelang

Salsabila Nur Rizki · Jumat, 12 November 2021 - 11:36:00 WIB
Fantastis, Lukisan Vincent Van Gogh Terjual Setengah Triliun Rupiah dalam Lelang
Lukisan ‘Mueles de ble’ Vincent Van Gogh (kanan) terjual 35,9 juta dolar AS dalam lelang di New York (Foto: Reuters)

NEW YORK, iNews.id - Sebuah lukisan karya seniman Vincent van Gogh terjual seharga 35,9 juta dolar AS atau sekitar Rp509 miliar dalam acara lelang di New York, Amerika Serikat. Lukisan berjudul ‘Mueles de ble’ itu dibuat Van Gogh pada 1888 dan terakhir dipamerkan pada 1905. 

Berbeda dari lukisan Van Gogh lainnya, di mana biasanya menggunakan cat minyak, Mueles de ble' dilukis menggunakan cat air, guas, pena, serta tinta yang ditaruh di secarik kertas.

‘Mueles de ble’ menggambarkan tumpukan jerami di Arles, Prancis, tempat Van Gogh tinggal selama lebih dari setahun pada 1880-an. 

Penyelenggara lelang, Christie’s, menyatakan lukisan ini terjual melebihi estimasi harga yang mereka pikirkan, yaitu sekitar 20 juta sampai 30 juta dolar AS.

Setelah Van Gogh mengakhiri hidupnya di umur 37 tahun, lukisan ini berpindah tangan ke saudaranya, Theo van Gogh. Setelah melewati beberapa pemilik, Mueles de ble disita Nazi saat menduduki Prancis pada 1940.

Setelah perang Prancis, lukisan itu tidak diketahui keberadaannya hingga tahun 1970-an. Dilaporkan lukisan itu berada di tangan orang lain hingga akhirnya Christie’s membeli lukisan tersebut melalui kesepakatan dengan pemilik terakhir.

Vincent van Gogh merupakan salah satu pelukis paling berpengaruh di dunia, meskipun kehidupannya penuh kesederhanaan.

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda