Finlandia Yakin Hubungan Bilateral dengan Rusia Akan Pulih Lagi

Ahmad Islamy Jamil ยท Jumat, 01 Juli 2022 - 16:30:00 WIB
Finlandia Yakin Hubungan Bilateral dengan Rusia Akan Pulih Lagi
Ilustrasi hubungan Rusia dan Finlandia. (Foto: Freepik)

MADRID, iNews.idFinlandia yakin, kepercayaan dalam hubungan bilateralnya dengan Rusia akan pulih kembali di masa mendatang. Optimisme itu diungkapkan Menteri Luar Negeri Finlandia, Pekka Haavisto, meski negaranya kini tengah berusaha mewujdukan ambisi menjadi anggota NATO.

“Saya yakin suatu hari kepercayaan akan kembali, tetapi sangat sulit untuk mengatakan bagaimana (caranya) dan kapan,” kata Haavisto dalam wawancaranya dengan surat kabar Spanyol, El Mundo, pekan ini.

Dia pun memuji situasi yang sangat tenang di perbatasan antarnegara Finlandia dan Rusia. Tak hanya itu, sampai hari ini pun Kedutaan Besar Finlandia masih terus beroperasi di Moskow tanpa ada gangguan.

Setelah Rusia melancarkan operasi militer di Ukraina, kepercayaan dalam hubungan Finlandia-Rusia menjadi sirna. Karena itu, kata Haavisto, butuh waktu untuk memulihkannya kembali seperti sedia kala.

Pada 18 Mei, tiga bulan sejak dimulainya agresi Rusia di Ukraina, Finlandia dan Swedia mengajukan lamaran keanggotaan di NATO. Dua negara Baltik itu akhirnya mencoba untuk melepaskan netralitas yang mereka pegang selama beberapa dekade.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda