Gempa 6,9 Guncang Filipina, Potensi Tsunami di Bawah 30 Cm

Anton Suhartono ยท Sabtu, 29 Desember 2018 - 12:00 WIB
Gempa 6,9 Guncang Filipina, Potensi Tsunami di Bawah 30 Cm

Gempa 6,9 di Filipina (USGS)

MANILA, iNews.id - Pusat Peringatan Tsunami Pasifik dan otoritas Filipina mengeluarkan peringatan tsunami terkait gempa 6,9 Skala Richter yang mengguncang Pulau Mindanao, Filipina selatan, Sabtu (29/12/2018) siang. Potensi tsunami juga sampai ke  Indonesia yakni Sulawesi Utara dan Maluku.

"Gelombang tsunami dari gempa ini kemungkinan terjadi," bunyi pernyataan pusat peringatan pusat tsunami, dikutip dari AFP.

Namun diperkirakan tsunami yang menerjang kawasan pantai Mindanao berkisar 30 sentimeter saja.

Menurut catatan Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa 6,9 SR bertitik pusat di sebelah tenggara Kota Davao dengan kedalaman 59 kilometer.

Sementara itu badan seismologi Filipina mengungkap, guncangan gempa dirasakan dalam level menengah di banyak kota Filipina. Namun pemerintah provinsi di Mindanao belum mendapat laporan adanya korban dan kerusakan.

Hal ini senada dengan prediksi USGS bahwa potensi guncangan bisa menyebabkan kerusakan cukup kecil. Namun USGS memperingatkan dampak lain dari guncangan seperti tanah longsor.

Gempa besar yang mengguncang Filipina terjadi pada 2013 yakni berkekuatan 7,1 SR. Lebih dari 220 orang tewas serta menghancurkan banyak bangunan bersejarah seperti gereja.


Editor : Anton Suhartono