Gempa Magnitudo 7 di Meksiko, Bangunan Berguncang Picu Kepanikan Warga

Anton Suhartono ยท Rabu, 08 September 2021 - 10:01:00 WIB
Gempa Magnitudo 7 di Meksiko, Bangunan Berguncang Picu Kepanikan Warga
Gempa bumi M7 mengguncang Meksiko, membuat panik warga di Mexico City (Foto: Reuters)

MEXICO CITY, iNews.id - Gempa bumi bermagnitudo 7 melanda Meksiko, Selasa (7/9/2021) malam waktu setempat atau Rabu pagi WIB. Bangunan di Mexico City berguncang membuat panik warga sehingga berlarian ke jalanan.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mengungkap, gempa berjarak sekitar 17,7 kilometer sebelah timur laut Acapulco, Negara Nagian Guerrero. Mulanya USGS menyebut kekuatan gempa 7,4 namun dimutakhirkan menjadi 7 dengan kedalaman 12,5 km. Guncangan dirasakan kuat karena titik pusat gempa sangat dangkal.

Otoritas Pertahanan Sipil Guerrero menyatakan, guncangan membuat bebatuan dan tanah longsor ke jalanan. Gempa juga merusak banyak bangunan rumah tinggal di Acapulco.

Sementara itu Wali Kota Mexico City Claudia Sheinbaum mengatakan di daerahnya sejauh ini tidak ada laporan kerusakan bangunan yang serius.

Hanya saja di lingkungan Roma Sur, Mexico City, listrik padam dan hujan menambah suasana mencekam. Bahkan warga yang panik hanya mengenakan pakaian seadanya saat keluar rumah. Ada pula yang berlari sambil menggendong anak atau hewan peliharaan.

"Mengerikan sekali. Ini benar-benar mengingatkan saya pada gempa 1985, setiap kali kejadian seperti ini," kata Yesmin Rizk (70), warga Roma Sur, dikutip dari Reuters.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel: