Gempa Yunani Sejauh Ini Tewaskan 6 Orang serta Ratusan Lainnya Luka-Luka

Arif Budiwinarto ยท Jumat, 30 Oktober 2020 - 22:31 WIB
Gempa Yunani Sejauh Ini Tewaskan 6 Orang serta Ratusan Lainnya Luka-Luka

Sebuah bangunan di Kota Izmir runtuh akibat gempa bermagnitudo 7,0 yang mengguncang Yunani, Jumat (30/10/2020) siang waktu setempat. (foto: AFP)

ATHENA, iNews.id - Enam orang dilaporkan tewas serta ratusan lainnya terluka dalam bencana gempa bumi yang mengguncang Yunani, Jumat (30/10/2020) waktu setempat. Guncangan gempa memicu gelombang laut serta merobohkan sejumlah bangunan.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyatakan gempa bumi bermagnitudo 7,0 bertitik pusat di 14 kilometer timur laut Neon Karlovasion dengan kedalaman 10 km.

AFP melaporkan, sejauh ini enam orang dinyatakan tewas serta 200 orang mengalami luka-luka. Mereka kebanyakan tertimpa bangunan yang runtuh. Kerusakan terparah akibat gempa berada di kota Izmir yang terletak di tepi laut Aegea.

Tayangan video dari saluran televisi setempat memperlihatkan momen penyelamatan seorang perempuan dari bawah reruntuhan bangunan. Perempuan yang belum diketahui namanya itu selamat dan nampak syok dengan kejadian yang baru saja menimpanya.

"Ya Tuhan!," ujar perempuan tersebut melihat situasi kacau di sekitarnya.

Di Pulau Samos, di dekat pusat gempa, guncangan gempa menyebabkan jalanan retak serta menghancurkan banyak bangunan.

"Tembok-tembok rumah berjatuhan dan beberapa gedung ambruk," kata Deputi Wali Kota, Michalis Mitsios.

"Situasinya sangat kacau. Kami tidak pernah mengalami seperti ini," lanjutnya.

Editor : Arif Budiwinarto