Heboh Polisi AS Bekuk Perempuan Kulit Hitam yang Sedang Gendong Anak

Anton Suhartono ยท Minggu, 07 Maret 2021 - 08:59:00 WIB
Heboh Polisi AS Bekuk Perempuan Kulit Hitam yang Sedang Gendong Anak
Polisi di New York membekuk seorang perempuan kilit hitam yang sedang menggendong anaknya (Foto: New York Times)

NEW YORK, iNews.id - Polisi di Amerika Serikat (AS) kembali menjadi sorotan setelah video menunjukkan petugas membekuk perempuan kulit hitam yang membawa anak perempuan berusia 3 tahun beredar di media sosial.

Video itu merupakan rekaman kamera tubuh seorang petugas Kepolisian Kota Rochester, Negara Bagian New York. 

Tayangan menunjukkan seorang petugas membekuk seorang perempuan hingga tersungkur ke trotoar padahal dia sedang menggendong putrinya. Bukan hanya itu petugas juga menyemprotkan bubuk merica ke perempuan itu sementara putrinya terjatuh dari gendongan.

Kepolisian Rochester mendapat kecaman dalam beberapa bulan terakhir terkait insiden sebelumnya. Peristiwa terbaru ini terjadi pada 22 Februari lalu dan videonya dirilis pada Jumat (5/3/2021).

Perempuan itu dibekuk setelah petugas mendapat laporan dia mencuri di toko sekitar lokasi.

Polisi mendatanginya saat perempuan itu menggendong putrinya dengan satu tangan. Saat ditanya petugas, perempuan itu bersikeras menjelaskan kepada petugas bahwa dia tidak mencuri. Bahkan sempat memperlihatkan dompetnya yang kosong.

Petugas tak juga melepaskannya sehingga sang perempuan melarikan diri. Beberapa petugas mengejar lalu membekuknya hingga terjungkal ke trotoar sementara putrinya jatuh dari gendongan.

Saat itu sang perempuan bangkit untuk meraih putrinya yang menangis histeris, namun polisi menyemprotkan bubuk merica untuk melumpuhkannya.

"Berhentilah, Ya Tuhan, ada apa dengan dia?" kata seorang petugas, dalam rekaman, seperti dikutip dari AFP, Minggu (7/3/2021).

Surat kabar Democrat & Chronicle melaporkan, anak itu tidak terkena semprotan merica.

Perempuan itu akhirnya dituntut atas pelanggaran sementara petugas yang menangkapnya dibebastugaskan sementara samobil menunggu penyelidikan internal.

Ketua dewan kota Shani Wilson mengatakan video ini sangat mengganggu, terlebih hanya berselang sebulan dengan kejadian sebelumnya yakni pada akhir Januari di mana seorang gadis 5 tahun diborgol dan disemprot merica.

"Keduanya jelas melibatkan orang kulit hitam, melibatkan petugas yang menggunakan semprotan merica pada atau di sekitar anak kulit hitam," kata Wilson.

Pada September, kepolisi Rochester juga dikecam setelah video penangkapan pria kulit hitam 41 tahun, Daniel Prude, beredar. Prude sedang berjalan telanjang akibat mabuk narkoba ketika polisi menutup kepalanya untuk mencegahnya meludah.

Petugas menjatuhakannya ke trotoar sampai dia tak bisa bernapas. Prude meninggal sepekan kemudian.

Editor : Anton Suhartono