Helikopter Pembawa Bantuan PBB Ditembaki Milisi di Negeria, Dua Warga Sipil Tewas

Arif Budiwinarto ยท Minggu, 05 Juli 2020 - 06:30 WIB
Helikopter Pembawa Bantuan PBB Ditembaki Milisi di Negeria, Dua Warga Sipil Tewas

Helikopter pembawa bantuan PBB ditembak oleh milisi Boko Haram di Nigeria (foto: AFP)

DAMASAK, iNews.id - Dua warga sipil jadi korban tewas saat helikopter bantuan PBB diserang milisi bersenjata Boko Haram di Nigeria timur laut. Ini merupakan serangan mematikan terhadap objek PBB di Afrika dalam kurun waktu dua pekan terakhir.

Dilansir dari AFP, Minggu (5/7/2020), Koordinator Kemanusiaan PBB di Nigeria, Edward Kallon, mengatakan salah satu korban tewas merupakan bocah lima tahun. Saat insiden terjadi, kesemua korban tewas dan luka berada di darat.

Video amatir yang direkam warga setempat memperlihatkan helikopter PBB ditembak saat mendekati kota Damasak. Helikopter tersebut mengangkut personel kemanusiaan serta membawa bantuan untuk masyarakat yang membutuhkan di Nigeria bagian timur laut.

"Sebuah helikopter layanan udara kemanusiaan PBB terkena peluru serangan tersebut. Tidak ada pekerja bantuan yang beraa di sana saat itu dan semua anggota kru selamat," kata Kallon.

PBB kemudian mengeluarkan memo yang isinnya menangguhkan penerbangan pengganti selama sepekan. PBB juga melibatkan mitra pemerintah melakukan penilaian risiko baru.

Ini merupakan penyerangan kedua dalam tiga pekan terakhir terhadap sumber daya PBB. Pada akhir Juni lalu, anggota tentara perdamaian asal Indonesia gugur ditembak milisi bersenjata di Republik Demokrasi Kongo.

Editor : Arif Budiwinarto