Ikuti Jejak AS, Australia Boikot Diplomatik Olimpiade Beijing 2022

Umaya Khusniah ยท Rabu, 08 Desember 2021 - 10:55:00 WIB
Ikuti Jejak AS, Australia Boikot Diplomatik Olimpiade Beijing 2022
AS tidak mengirim delegasi resmi ke Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022. (Foto: Reuters)

CANBERRA, iNews.id - Australia mengikuti jejak Amerika Serikat (AS) dengan tidak mengirimkan pejabat pemerintah ke Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022. Kedua negara memboikot diplomatik olimpiade karena kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) di China.

"Keputusan itu dibuat karena perjuangan Australia membuka kembali saluran diplomatik dengan China untuk membahas dugaan pelanggaran HAM di Xinjiang dan langkah Beijing yang memperlambat dan memblokir impor barang-barang Australia," kata Perdana Menteri Australia, Scott Morrison seperti dilansir dari Reuters. 

Meski memboikot diplomatik, Morrison mengatakan Australia tetap mengizinkan atletnya tampil di Olimpiade. Namun pemboikotan ini tetap dinilai akan memperburuk hubungan dua negara. 

Komite Olimpiade Australia menilai boikot diplomatik ini tak berpengaruh pada 40 atlet yang akan tampil di Olimpiade Musim Dingin Beijing pada Februari 2022.

Sebelumnya, AS tidak mengirim delegasi resmi ke Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022. Hal ini sebagai bentuk protes AS terhadap masalah pelanggaran hak asasi manusia (HAM) di China. 

Pernyataan ini disampaikan Gedung Putih pada Senin (6/12/2021). Juru bicara Gedung Putih mengatakan, Jen Psaki, HAM yang dimaskud merujuk pada genosida dan kejahatan terhadap kemanusiaan China yang sedang berlangsung di Xinjiang dan juga pelanggaran lainnya.

"Perwakilan diplomatik atau resmi AS akan memperlakukan olimpiade ini sebagai kejadian biasa," kata Psaki.

Editor : Umaya Khusniah

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda