Imigran Pencari Suaka Kini Berkemah di Jembatan Menuju Texas AS

Nathania Riris Michico · Jumat, 11 Oktober 2019 - 09:41 WIB
Imigran Pencari Suaka Kini Berkemah di Jembatan Menuju Texas AS

Para imigran memblokir jembatan penyeberangan perbatasan internasional Puerta Meksiko, menunggu keputusan terkait proses suaka mereka di Matamoros, Meksiko, 10 Oktober 2019. (FOTO: REUTERS)

MEXICO CITY, iNews.id - Para imigran yang ingin meminta suaka ke Amerika Serikat (AS) berkemah di jembatan internasional dari Meksiko menuju Brownsville, Texas. Hal itu menyebabkan jembatan tersebut ditutup.

Puluhan imigran dari Amerika Tengah dan berbagai kawasan lain berbaring di jembatan itu sebelum fajar, dan sebagian tertidur.

Seorang pejabat Meksiko yang tidak bersedia disebutkan namanya mengukuhkan terjadinya penutupan jembatan yang mengarah ke Matamoros, Meksiko, itu.

Pejabat itu mengatakan, para imigran lelah menunggu kesempatan menyampaikan klaim awal mereka untuk suaka di pintu masuk perbatasan ke AS.

Sesuai kebijakan yang dikenal sebagai 'penerimaan secara terukur', para pejabat AS di banyak pintu gerbang perbatasan hanya menerima sejumlah pencari suaka per hari.

Kantor berita Associated Press melaporkan Jumat (11/10/2019), ada sekitar 19.000 nama dalam daftar tunggu di empat kota perbatasan yang dikunjungi pada akhir Juli lalu.

Editor : Nathania Riris Michico