India Gelontorkan Rp2,9 Miliar untuk Tonga, Bantu Pembangunan Pascaletusan Gunung Berapi

Ahmad Islamy Jamil ยท Selasa, 25 Januari 2022 - 19:46:00 WIB
India Gelontorkan Rp2,9 Miliar untuk Tonga, Bantu Pembangunan Pascaletusan Gunung Berapi
Letusan dahsyat gunung berapi bawah laut di Tonga, 15 Januari 2022. (Foto: Reuters)

NEW DELHI, iNews.id – Pemerintah India menggelontorkan uang sebesar 200.000 dolar AS (sekitar Rp2,9 miliar) kepada Tonga. Bantuan tersebut dimaksudkan untuk rekonstruksi pascaletusan gunung berapi yang dahsyat dan tsunami yang menyebabkan kerusakan dan kehancuran yang meluas di negara kepulauan Pasifik itu. 

“Sebagai mitra dan sahabat dekat di bawah Forum untuk Kerjasama Kepulauan India-Pasifik (FIPIC), serta sebagai tanda solidaritas dengan masyarakat yang ramah di Tonga, Pemerintah India memberikan bantuan bantuan segera sebesar 200.000 dolar AS untuk mendukung bantuan, rehabilitasi dan upaya rekonstruksi di Kerajaan Tonga,” ungkap Kementerian Luar Negeri India dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (25/1/2022).

Pada 15 Januari lalu, letusan gunung berapi bawah laut Hunga-Tonga-Hunga-Ha'apai menimbulkan tsunami hingga menggenangi Tonga. Bencana alam itu juga meluluhlantakkan bangunan dan menyebabkan tertutupnya persediaan air minum bersih oleh lapisan tebal abu vulkanik dan air asin. Negara-negara di sekitar lingkar Pasifik juga merasakan dampak tsunami.

Selain India, China dan Jepang juga telah memberikan Tonga bantuan keuangan masing-masing sebesar 100.000 dolar AS (Rp1,44 miliar) dan 1 juta dolar AS (Rp14,4 miliar).

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: